Skip to content
Home » Apa Beda RAR dan ZIP?

Apa Beda RAR dan ZIP?

Jika Anda sering mengunduh file dari internet, mungkin Anda pernah menemukan file dengan format RAR atau ZIP. Kedua format file ini memiliki fungsi yang sama yaitu untuk mengompresi file agar ukurannya lebih kecil dan mudah dibagikan melalui internet. Namun, sebenarnya apa beda RAR dan ZIP?

Daftar Isi Artikel

RAR

RAR adalah singkatan dari Roshal Archive, sebuah format file kompresi yang dibuat oleh perusahaan software Rusia bernama Eugene Roshal. Format ini mulai dikenal sejak tahun 1993 dan saat ini menjadi salah satu format file kompresi yang paling populer di dunia.

RAR memiliki kemampuan kompresi yang sangat baik. Artinya, ukuran file akan menjadi lebih kecil dengan menggunakan format RAR ketimbang format kompresi lainnya seperti ZIP atau TAR. Selain itu, RAR juga memiliki kemampuan untuk membagi file menjadi beberapa bagian. Hal tersebut berguna jika Anda ingin mengirim file yang ukurannya lebih besar dari batas maksimum yang diperbolehkan melalui email atau aplikasi pesan instan.

Namun, kekurangan dari RAR adalah bahwa format ini tidak banyak didukung oleh aplikasi pengarsipan file. Sehingga, jika Anda ingin membuka file dengan format RAR, Anda perlu menginstal software pengarsipan yang mendukung format tersebut.

ZIP

ZIP adalah format file kompresi yang lebih tua daripada RAR. Format ini pertama kali diperkenalkan oleh perusahaan software Phil Katz pada tahun 1989. Sejak saat itu, format ZIP menjadi salah satu format file kompresi yang paling banyak digunakan di dunia.

ZIP memiliki kemampuan kompresi yang baik, meskipun tidak sebaik RAR. Namun, keuntungan dari ZIP adalah bahwa format ini sudah didukung oleh hampir semua aplikasi pengarsipan file. Sehingga, Anda tidak perlu menginstal software tambahan jika ingin membuka atau mengompres file dengan format ZIP.

BACA JUGA:   Perbedaan Jurusan dan Fakultas

Namun, ZIP juga memiliki kekurangan yaitu tidak mampu membagi file menjadi beberapa bagian seperti RAR.

Kesimpulan

Jadi, apa beda RAR dan ZIP? Secara singkat, RAR memiliki kemampuan kompresi yang lebih baik dan mampu membagi file menjadi beberapa bagian. Namun, format ini tidak banyak didukung oleh aplikasi pengarsipan file. Sedangkan ZIP memiliki kemampuan kompresi yang cukup baik dan sudah didukung oleh hampir semua aplikasi pengarsipan file.

Pilihan format file kompresi yang cocok untuk Anda tergantung pada kebutuhan dan preferensi masing-masing. Jika Anda ingin mengompres file dengan ukuran yang sangat besar, maka RAR mungkin lebih cocok. Namun, jika Anda hanya perlu mengompresi file kecil atau ingin membagikan file ke teman-teman yang mungkin tidak memiliki software pengarsipan, format ZIP mungkin lebih baik dipilih.

Selain memilih format yang tepat, pastikan juga untuk tidak mengandung malware atau virus. Gunakan antivirus yang terpercaya dan pastikan bahwa sumber file yang Anda unduh adalah aman dan terpercaya.