Skip to content
Home » Apa Beda Tujuan dan Sasaran?

Apa Beda Tujuan dan Sasaran?

Pengenalan

Dalam bicara tentang pencapaian suatu keberhasilan, ada banyak istilah yang sering digunakan, termasuk tujuan dan sasaran. Apa beda antara keduanya? Dalam artikel ini, kita akan membahas perbedaan antara tujuan dan sasaran serta bagaimana kedua konsep ini dapat membantu kita mencapai apa yang kita inginkan dalam hidup dan pekerjaan.

Pengertian Tujuan

Tujuan adalah suatu tujuan akhir atau hasrat yang ingin dicapai dalam jangka panjang. Tujuan lebih berfokus pada cita-cita; misalnya, mendapatkan gelar PhD, membeli rumah impian, atau memulai bisnis. Tujuan-sering dinyatakan dalam bentuk umum, dan sering kali bersifat abstrak.

Contoh Tujuan

  • Menjadi pengusaha sukses dengan mendirikan perusahaan sendiri
  • Memiliki rumah impian yang sesuai dengan citra diri yang ingin dicapai
  • Menjadi ahli dalam bidang tertentu dan memberikan dampak positif untuk masyarakat

Pengertian Sasaran

Sasaran lebih bersifat spesifik dan terukur ketimbang tujuan. Sasaran dapat berupa tugas atau langkah yang harus dilakukan untuk mencapai tujuan akhir. Sasaran sering kali lebih terlihat dan lebih mudah dikelola ketimbang tujuan karena fokusnya pada tugas harian atau mingguan.

Contoh Sasaran

  • Meningkatkan penjualan produk bisnis sebesar 20% dalam 6 bulan
  • Menyelesaikan proposal riset tesis dalam waktu 3 minggu
  • Melakukan presentasi seminar di tujuh kota dalam waktu 6 bulan

Perbedaan antara Tujuan dan Sasaran

Tujuan dan sasaran memiliki perbedaan yang mendasar dalam sifat dan cara pengukurannya.

  • Tujuan adalah end state atau kondisi akhir yang diinginkan dalam jangka waktu panjang.
  • Sasaran, di sisi lain, merupakan cara untuk mencapai tujuan. Ketika kita memiliki tujuan yang berbeda, kita perlu menentukan sasaran spesifik untuk mencapainya. Sasaran sering kali lebih spesifik ketimbang tujuan dan lebih mudah diukur.
BACA JUGA:   Cara Membuat Banner Spanduk Standar yang Menarik

Bagaimana Kedua Konsep Ini Bekerja Bersama

Sasaran dapat membantu mengejar dan mencapai tujuan dalam beberapa cara.

  • Mengembangkan rencana aksi. Dalam rangka mewujudkan tujuan, kita harus membuat rencana aksi. Sasaran dapat membantu kita membuat langkah penskalaan untuk mencapai tujuan akhir.
  • Mengukur kemajuan. Sasaran harus spesifik dan terukur, sehingga kita dapat mengetahui sejauh mana kita telah mencapai tujuan. Ini memungkinkan kita untuk mengevaluasi kapan dan di mana kita harus melakukan perubahan untuk mencapai tujuan kita.
  • Mengidentifikasi prioritas penting. Ketika ada banyak tugas untuk mencapai tujuan, Sasaran dapat membantu kita mengidentifikasi prioritas utama untuk mencapai tujuan akhir.

Kesimpulan

Tujuan dan sasaran adalah dua konsep yang saling berkaitan tetapi memiliki perbedaan yang mendasar. Tujuan adalah cita-cita atau hasrat kita dalam jangka waktu panjang, sedangkan sasaran merupakan tugas-tugas spesifik yang harus dilakukan guna mencapai tujuan. Sasaran sangat penting dalam membantu kita mengembangkan rencana aksi, mengukur kemajuan, dan mengidentifikasi prioritas penting untuk mencapai tujuan akhir. Dalam meraih kesuksesannya, kita harus jelas dan spesifik dalam menentukan sasaran yang akan membawa kita ke tujuan akhir.