Skip to content
Home » Apa Beda Yakiniku dan Teriyaki?

Apa Beda Yakiniku dan Teriyaki?

Bagi pecinta kuliner Jepang, yakiniku dan teriyaki mungkin sudah tidak asing lagi di telinga dan bahkan sudah pernah mencobanya. Keduanya merupakan jenis hidangan yang cukup populer di negara Sakura tersebut. Namun, sebenarnya apa beda yakiniku dan teriyaki?

Yakiniku

Yakiniku merupakan hidangan daging panggang ala Jepang. Dalam bahasa Jepang, "yakiniku" memiliki arti "daging panggang". Hidangan ini biasa disajikan di atas tungku kecil yang dipanaskan dengan arang kayu. Dalam penyajiannya, daging potong tipis biasanya disiram saus asin manis (tare), atau dimakan langsung dengan garam.

Hidangan yakiniku biasa menggunakan daging sapi, daging babi, atau ayam, namun di beberapa tempat, kamu juga bisa menemukan hidangan yakiniku dengan bahan dasar daging lain seperti hati dan lidah.

Teriyaki

Teriyaki, di sisi lain, merujuk pada metode memasak ala Jepang yang melibatkan dipanggangnya daging atau ikan setelah direndam dalam saus manis. Dalam bahasa Jepang, kata "teriyaki" artinya "lapisan manis". Saus yang digunakan untuk memasak teriyaki biasanya terbuat dari kecap asin, kecap manis, sake, dan gula pasir.

Dalam penyajiannya, teriyaki biasa disajikan dengan nasi putih atau mie soba, dan kadang-kadang diberi taburan wijen. Teriyaki bisa terbuat dari daging ayam, daging sapi, atau ikan.

Perbandingan antara Yakiniku dan Teriyaki

Cara Memasak

Yakiniku dan teriyaki sama-sama menggunakan metode memasak panggang. Namun, yakiniku lebih sering disajikan di atas tungku kecil dengan arang kayu, sedangkan teriyaki biasanya dipanggang dalam api jepret atau oven.

Bahan

Bahan dasar yang digunakan dalam yakiniku dan teriyaki memang sama-sama berasal dari daging sapi, babi, ayam, dan ikan. Namun, dalam yakiniku, daging biasanya dipotong tipis dan disiram dengan saus asin manis, sedangkan dalam teriyaki, daging direndam dalam saus manis dan dipanggang hingga matang.

BACA JUGA:   Harga Pasaran Gran Max 2014 - Panduan Lengkap untuk Pembeli

Rasa

Saus yang digunakan dalam yakiniku dan teriyaki berbeda. Tare, saus yang digunakan dalam yakiniku, terbuat dari kecap asin dengan tambahan bawang putih, gula merah, dan beberapa bahan lainnya. Sementara itu, saus teriyaki terbuat dari campuran kecap manis, kecap asin, sake, dan gula pasir. Oleh karena itu, rasa kedua hidangan ini juga berbeda. Yakiniku biasanya terasa lebih asin dan manis, sedangkan teriyaki lebih manis dan sedikit asin.

Kesimpulan

Meskipun keduanya merupakan hidangan daging panggang ala Jepang, yakiniku dan teriyaki memiliki perbedaan dalam beberapa hal. Cara memasak, bahan yang digunakan, dan rasa saus yang dipakai membuat keduanya memiliki karakteristik yang berbeda. Jadi, jika kamu berkunjung ke restoran Jepang, sebaiknya coba kedua hidangan ini dan cari tahu apa yang lebih disukai. Bagaimanapun juga, kelezatan dan kenikmatan makanan sangatlah subjektif.