Skip to content
Home » Apa Bedanya Garansi TAM dan Distributor?

Apa Bedanya Garansi TAM dan Distributor?

Apakah Anda pernah membeli produk elektronik atau gadget dan melihat istilah "garansi TAM" atau "garansi distributor" yang digunakan? Mungkin bagi sebagian orang hal ini masih membingungkan. Apa bedanya garansi TAM dan distributor? Apa yang membedakan keduanya? Mari kita bahas bersama.

Apa Itu Garansi?

Sebelum membahas lebih lanjut tentang perbedaan antara garansi TAM dan distributor, mari kita ketahui terlebih dahulu apa itu garansi. Garansi adalah janji dari pabrikan atau distributor terkait kualitas produk yang dijual. Jika terjadi kerusakan atau masalah dengan produk tersebut, pemiliknya dapat mengembalikan produk tersebut untuk diperbaiki atau diganti.

Garansi biasanya memiliki masa berlaku tertentu dan syarat-syarat penggunaan yang harus dipenuhi. Syarat-syarat tersebut dapat berbeda-beda antara produsen atau distributor.

Apa Itu Garansi TAM?

TAM adalah singkatan dari PT. Tiphone Mobile Indonesia Tbk, yang merupakan perusahaan distributor produk elektronik dan telekomunikasi terbesar di Indonesia. Garansi TAM berarti garansi yang diberikan oleh PT. Tiphone Mobile Indonesia Tbk untuk produk-produk elektronik yang didistribusikan oleh mereka.

Garansi TAM biasanya memiliki jangka waktu yang bervariasi tergantung pada produk yang dibeli. Namun, umumnya garansi TAM berlaku selama 1 tahun. Garansi TAM juga meliputi berbagai jenis kerusakan seperti kerusakan produk akibat produksi maupun kerusakan akibat kesalahan penggunaan.

Apa Itu Garansi Distributor?

Garansi distributor adalah garansi yang diberikan oleh distributor resmi produk tertentu. Distributor resmi adalah perusahaan yang diangkat oleh produsen sebagai partner dalam menjual dan mendistribusikan produk mereka ke pasaran.

Perbedaan antara garansi distributor dan TAM terletak pada garansi yang diberikan. Garansi distributor biasanya lebih panjang daripada garansi TAM. Garansi distributor biasanya berlaku selama 2 tahun atau lebih, tergantung pada jenis produk dan pihak distributor. Garansi distributor juga meliputi berbagai jenis kerusakan dari produk yang dijual.

BACA JUGA:   Apa Beda JHT dan Jaminan Pensiun

Conclusion

Dalam rangka mencapai kepuasan pelanggan, garansi sangat penting diberikan kepada konsumen. Memiliki garansi akan memberikan rasa aman bagi pemilik produk. Sekarang Anda sudah tahu perbedaan antara garansi TAM dan distributor. Sekali lagi, perbedaan utama antara keduanya adalah distributor memiliki garansi yang lebih panjang dan diberikan oleh distributor resmi dari produsen.

Pastikan Anda memahami garansi produk sebelum membeli. Jangan ragu untuk bertanya kepada penjual tentang garansi produk yang hendak dibeli sehingga tidak terjadi kesalahpahaman di kemudian hari. Semoga bermanfaat!