Skip to content
Home » Apa Bedanya Hiragana dan Katakana?

Apa Bedanya Hiragana dan Katakana?

Jepang adalah negara yang sangat unik dan menarik dengan segala keanekaragaman budayanya, dan salah satunya yang khas adalah bahasa mereka. Bahasa Jepang terdiri dari tiga jenis tulisan, yaitu kanji, hiragana dan katakana. Dalam artikel ini, kita akan membahas perbedaan antara hiragana dan katakana yang kerap membuat orang bingung.

Apa Itu Hiragana dan Katakana?

Hiragana dan katakana adalah dua jenis huruf asli Jepang yang umumnya digunakan untuk menulis kata-kata lain selain kanji. Hiragana biasanya digunakan untuk menulis kata-kata sederhana dan kata-kata benda seperti nama-nama tumbuhan atau hewan. Sementara itu, katakana digunakan untuk menulis kata-kata dari bahasa asing yang dipinjam ke dalam bahasa Jepang.

Sama seperti alfabet kita memiliki huruf besar dan kecil, hiragana dan katakana juga dapat ditulis dalam dua ukuran yang berbeda: huruf kecil dan huruf besar. Selain itu, terdapat aturan tertentu dalam penulisan hiragana dan katakana sehingga kedua jenis tulisan ini digunakan dengan cara yang berbeda.

Perbedaan Antara Hiragana dan Katakana

Perbedaan utama antara hiragana dan katakana terletak pada bentuk dan penggunaannya. Hiragana memiliki bentuk yang bulat dan lembut, sementara katakana memiliki bentuk yang lebih tegas dan bersudut. Berikut ini adalah perbedaan antara keduanya:

Bentuk

Hiragana merupakan jenis tulisan yang lebih halus, bulat, dan lembut. Huruf-hurufnya terdiri dari lengkungan dan lingkaran, dan biasanya lebih kecil daripada katakana.

Katakana, di sisi lain, merupakan jenis tulisan yang lebih tegas dan bersudut. Huruf-hurufnya memiliki banyak sudut dan garis-garis lurus, dan biasanya lebih besar daripada hiragana.

BACA JUGA:   Apa itu Bluestacks 5?

Penggunaan

Hiragana biasanya digunakan untuk menulis kata-kata benda dan kata-kata yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu, hiragana juga digunakan untuk menulis kata-kata yang diimbuhi dengan partikel seperti "wa" dan "no", serta kata-kata yang diubah bentuknya seperti kata kerja dalam bentuk lampau.

Katakana, di sisi lain, digunakan untuk menulis kata-kata yang berasal dari bahasa asing yang masuk ke dalam bahasa Jepang. Katakana juga digunakan untuk menulis kata-kata yang menunjukkan suara atau gerakan seperti "pa-pa" atau "chi-cha", serta nama-nama barang seperti merek-merek dagang dan nama-nama barang elektronik.

Penggunaan Bersamaan

Hiragana dan katakana dapat juga digunakan dalam satu kalimat atau dalam satu kata. Contohnya adalah pada kata "anime" yang ditulis menggunakan katakana karena kata ini berasal dari bahasa asing, namun ejaannya diakhiri dengan hiragana "mu" yang menunjukkan bunyi "u".

Kesimpulan

Perbedaan antara hiragana dan katakana terletak pada bentuk dan penggunaannya. Keduanya dapat digunakan secara bersamaan dalam satu kata atau kalimat, tergantung dari jenis kata atau kata yang hendak ditulis. Hiragana digunakan untuk menulis kata-kata benda sederhana dan kata-kata dalam kehidupan sehari-hari, sedangkan katakana digunakan untuk menulis kata-kata yang diambil dari bahasa asing atau menunjukkan suara/gerakan.

Jangan lupa ketika belajar bahasa Jepang, memahami perbedaan antara hiragana dan katakana sangatlah penting. Semoga artikel ini membantu!