Skip to content
Home » Apa Bedanya Ovalet dan SP? Menjadi SP Lebih Menguntungkan

Apa Bedanya Ovalet dan SP? Menjadi SP Lebih Menguntungkan

Jika Anda berencana untuk terjun ke bisnis online, pasti pernah mendengar tentang istilah Ovalet dan SP. Kedua istilah ini menunjukkan jenis bisnis online yang berbeda.

Namun, meskipun keduanya sama-sama bisnis online, tetap ada perbedaan yang mencolok di antara keduanya. Di sini, kami akan membahas perbedaan antara Ovalet dan SP serta lebih menyoroti mengapa menjadi SP lebih menguntungkan.

Ovalet

Ovalet adalah bisnis online yang menawarkan layanan e-commerce seperti toko online, pembayaran online, dan logistik. Dalam hal ini, Anda akan menjadi pihak ketiga yang membantu pelanggan Anda dalam segala hal terkait jual-beli online.

Anda tidak memiliki produk atau layanan yang ditawarkan, namun berperan sebagai perantara antara penjual dan pembeli. Anda akan mempertemukan kedua pihak sehingga transaksi berlangsung secara aman dan nyaman.

Namun, bisnis Ovalet menghadapi beberapa tantangan karena Anda harus menangani banyak hal, seperti persyaratan hukum, pengembangan teknologi, dan tenaga kerja.

SP

SP atau Supplier adalah bisnis online yang menawarkan produk atau layanan yang dimiliki sendiri baik secara langsung maupun melalui kerjasama dengan pihak lain. Sebagai SP, Anda tidak menjual produk orang lain, melainkan produk atau layanan yang Anda miliki.

Dalam bisnis SP, keuntungan yang dihasilkan lebih besar dibandingkan bisnis Ovalet. Selain itu, Anda lebih mudah mengontrol produk atau layanan yang Anda tawarkan karena semuanya ada di bawah kendali Anda sendiri.

Namun, bisnis SP juga memiliki tantangan tersendiri, seperti pengembangan produk atau layanan yang sesuai dengan pasar dan persaingan dengan bisnis lain di pasar yang sama.

Mengapa Jadi SP Lebih Menguntungkan?

Terlepas dari tantangan, menjadi SP lebih menguntungkan dibandingkan bisnis Ovalet. Berikut adalah beberapa alasan mengapa menjadi SP lebih baik:

  • Mempertahankan kendali atas produk atau layanan yang Anda tawarkan
  • Keuntungan yang dihasilkan lebih besar
  • Bisnis dapat dikelola sendiri sehingga fleksibilitas lebih tinggi
  • Menjadi spesialis di bidang tertentu
BACA JUGA:   Harga Flashdisk Sandisk Cruzer Switch 16GB

Dengan menjadi SP, Anda lebih leluasa untuk mengembangkan bisnis Anda sehingga dapat tumbuh lebih cepat. Selain itu, bisnis SP memberikan kebebasan yang lebih besar karena Anda tidak harus terkait dengan aturan dari orang lain.

Kesimpulan

Ovalet dan SP sama-sama merupakan bisnis online yang menawarkan layanan yang berbeda. Namun, menjadi SP lebih menguntungkan karena mempertahankan kendali atas produk atau layanan yang Anda tawarkan, keuntungan yang dihasilkan lebih besar, dan fleksibilitas yang lebih tinggi dalam mengelola bisnis Anda.

Bagaimanapun, pilihan Anda tergantung pada tujuan dan preferensi Anda. Sama seperti bisnis lainnya, Ovalet dan SP memiliki tantangan tersendiri namun dengan strategi yang tepat, Anda dapat meraih kesuksesan dalam bisnis online.