Skip to content
Home » Apa Bedanya Pleci Jantan dan Betina?

Apa Bedanya Pleci Jantan dan Betina?

Pleci, atau burung perkutut jawa (Lonchura leucogastroides), sering dipelihara sebagai burung peliharaan karena suaranya yang merdu dan penampilannya yang cantik. Namun, ada banyak pertanyaan tentang cara membedakan pleci jantan dan betina. Dalam artikel ini, kami akan membahas beberapa perbedaan antara pleci jantan dan betina, termasuk pada perilaku, suara dan penampilannya.

Perbedaan dalam Perilaku

Pleci jantan dan betina mempunyai perilaku yang berbeda. Pleci jantan memiliki perilaku yang lebih agresif daripada pleci betina. Mereka sering berseteru dengan burung-burung lain, termasuk dengan pleci betina. Pleci jantan juga lebih sering menunjukkan perilaku agresi saat musim kawin tiba, seperti dengan memperlihatkan sayap mereka atau cekikan mereka yang lebih lebar untuk menarik perhatian pleci betina.

Salah satu perilaku penting pleci jantan adalah ketika mereka mulai berkicau di pagi hari. Jika eksperimenter ingin memperbaiki kualitas suara pleci, maka meletakkan pleci jantan di lingkungan yang tenang dan damai sangatlah penting.

Perilaku pleci betina juga dapat berubah saat musim kawin tiba. Pleci betina akan menunjukkan perilaku yang lebih aktif dan terus menerus memeriksa atau membangun sarangnya.

Perbedaan dalam Suara

Suara pleci jantan dan betina juga memiliki perbedaan yang dapat dikenali. Pleci jantan biasanya memiliki suara yang lebih kuat dan merdu daripada pleci betina. Selain itu pleci jantan juga lebih bagus dalam menirukan suara-suara lain seperti suara burung jalak atau ciblek.

Saat musim kawin tiba, pleci jantan akan mulai mengeluarkan suara untuk menarik perhatian pleci betina. Suara yang dihasilkan dapat berupa suara mengulit dengan durasi yang panjang atau korteks yang lebih pendek-pendek.

BACA JUGA:   Apa Perbedaan Matcha dan Green Tea?

Perbedaan dalam Penampilan

Penampilan juga merupakan perbedaan yang mencolok antara pleci jantan dan betina. Pleci jantan umumnya lebih cerah dan berwarna lebih menonjol daripada pleci betina. Pada pleci jantan, bulu kepala seringkali berwarna biru keunguan.

Sedangkan pada pleci betina, warnanya cenderung lebih suram dan bulu tidak secemerlang pada pleci jantan. Selain itu, pleci betina biasanya juga memiliki bulu yang lebih tipis dan halus.

Kesimpulan

Dalam artikel ini, kita telah membahas beberapa perbedaan antara pleci jantan dan betina. Secara umum, pleci jantan memiliki perilaku agresif dan suara yang lebih merdu daripada pleci betina, sementara pleci betina memiliki penampilan yang lebih sederhana. Dalam membedakan pleci jantan dan betina, perlu memperhatikan perbedaan dalam perilaku, suara dan penampilan. Semoga artikel ini menjawab pertanyaan Anda tentang bedanya pleci jantan dan betina.