Skip to content
Home » Apa Bedanya UGD dan IGD?

Apa Bedanya UGD dan IGD?

Saat mengalami keadaan darurat medis seperti kecelakaan atau serangan jantung, banyak orang mengira bahwa IGD (Instalasi Gawat Darurat) dan UGD (Unit Gawat Darurat) itu sama saja. Namun, keduanya sebenarnya memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Apa saja perbedaannya? Simak penjelasan berikut ini.

Daftar Isi Artikel

UGD

UGD adalah unit pelayanan kesehatan yang bertugas menangani pasien yang mengalami keadaan darurat medis. Biasanya, UGD terdapat di rumah sakit dan puskesmas. Fungsi utama UGD adalah memberikan pelayanan medis urgensi, seperti pertolongan pertama dalam keadaan darurat, stabilisasi kondisi pasien, dan mempersiapkan pasien untuk dirujuk ke rumah sakit yang lebih lengkap fasilitasnya.

UGD melayani semua pasien yang membutuhkan pertolongan medis dan bukan hanya mereka yang merujuk dari IGD. Oleh karena itu, UGD memiliki tenaga medis yang lebih banyak dan peralatan medis yang lengkap dibandingkan dengan IGD.

IGD

IGD adalah bagian dari UGD yang khusus menangani kasus gawat darurat. IGD memiliki fungsi utama untuk menilai tingkat kegawatan pasien yang masuk dan memberikan penanganan medis yang diperlukan untuk menstabilkan kondisi pasien sebelum dirujuk ke ruangan rawat inap atau operasi.

IGD hanya melayani pasien dengan kondisi medis yang membutuhkan penanganan segera, seperti luka serius, keracunan, stroke atau serangan jantung dan masalah respirasi seperti asma akut atau pneumonia berat. Karena fungsinya yang spesifik, IGD biasanya beroperasi secara 24 jam dengan dokter-dokter spesialis tertentu, seperti dokter bedah, dokter syaraf, dan dokter anak.

Kesimpulan

Dari penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang cukup signifikan antara IGD dan UGD. Meskipun sama-sama bertugas menangani keadaan darurat medis, UGD memiliki fungsi lebih luas, sementara IGD khusus menangani kasus gawat darurat. Oleh karena itu, saat menghadapi kondisi medis yang membutuhkan penanganan segera, sebaiknya Anda memahami perbedaan antara IGD dan UGD agar dapat memutuskan di mana tempat pelayanan kesehatan yang tepat untuk dikunjungi.

BACA JUGA:   Contoh Warna Silver: Mengenal Keunikan dan Kegunaannya