Skip to content
Home » Apa Itu Web Page dan Web Site

Apa Itu Web Page dan Web Site

Apakah Anda baru mengenal internet atau sudah terbiasa dengan teknologi ini? Apapun latar belakang Anda, pasti sering mendengar kata-kata seperti web page dan web site. Namun, apa sebenarnya yang dimaksud dengan kedua kata tersebut?

Definisi Web Page

Web page atau halaman web adalah sebuah dokumen elektronik yang ditampilkan pada web browser saat seseorang mengakses sebuah situs web. Pada halaman web, kita dapat menampilkan berbagai informasi seperti teks, gambar, video, dan elemen interaktif lainnya.

Web page biasanya dibuat dengan menggunakan bahasa pemrograman terutama HTML (Hypertext Markup Language). Layout, format, dan tampilan halaman web dapat dimodifikasi dengan CSS (Cascading Style Sheets) dan JavaScript.

Definisi Web Site

Sedangkan web site atau situs web merupakan kumpulan dari beberapa halaman web yang ditampilkan menjadi satu kesatuan pada satu domain atau alamat URL. Di dalam web site, kita bisa menampilkan konten yang terkait atau saling mendukung satu sama lain.

Contoh situs web yang terkenal dan sering kita gunakan adalah Google, Facebook, Amazon, dan Wikipedia. Suatu situs web dapat terdiri dari beberapa bagian seperti homepage, navigasi, konten utama, dan footer.

Perbedaan Antara Web Page dan Web Site

Singkatnya, web page adalah komponen dasar yang membentuk situs web. Halaman web sendiri dapat berdiri sendiri atau menjadi bagian dari situs web. Sedangkan situs web adalah sekumpulan halaman web yang terintegrasi menjadi satu kesatuan dengan total konten yang lebih banyak dan kompleks.

Perlu diingat bahwa web page dan situs web keduanya memegang peranan yang sangat penting dalam dunia internet. Halaman web harus dibuat dengan baik serta dapat diakses dengan cepat dan sesuai dengan kebutuhan pengguna web. Sedangkan situs web harus direncanakan dengan matang dan dikelola secara hati-hati agar pengunjung dapat dengan mudah menemukan informasi yang mereka butuhkan.

BACA JUGA:   Cara Mengatasi Kelenjar Di Ketiak Bengkak dengan Mudah dan Efektif

Kesimpulan

Sekarang kita sudah memahami pengertian dan perbedaan antara web page dan web site. Dalam pembuatan halaman web ataupun situs web, pastikan untuk memperhatikan kualitas dan relevansi konten, desain yang menarik dan mudah digunakan, serta performa yang baik. Jangan lupa untuk selalu memperbarui dan memelihara situs web agar dapat terus berjalan dengan baik dan memenuhi kebutuhan pengunjung. Terima kasih telah membaca artikel ini dan semoga bermanfaat!