Skip to content
Home » Apa Perbedaan Akar Tunggang dan Akar Serabut

Apa Perbedaan Akar Tunggang dan Akar Serabut

Jika Anda seorang petani atau memiliki kebun buah-buahan, pasti sering mendengar istilah akar tunggang dan akar serabut. Kedua jenis akar ini sangat penting bagi tanaman, tetapi apa sebenarnya perbedaannya?

Akar Tunggang

Akar tunggang adalah akar utama yang terdiri dari satu akar besar yang tumbuh secara vertikal ke bawah dan menopang seluruh tanaman. Tanaman dengan akar tunggang cenderung lebih kuat dan stabil, karena akar tunggang mendorong ke bawah untuk mencari air dan nutrisi yang dibutuhkan untuk tumbuh besar dan kuat.

Beberapa contoh tanaman yang memiliki akar tunggang adalah jeruk, kelapa, dan pohon pinus. Jika Anda pernah mencabut pohon dari tanah, Anda akan melihat akar tunggang ini dengan jelas.

Akar Serabut

Akar serabut adalah akar yang terdiri dari banyak akar kecil yang menyebar di sekitar tanaman. Akar serabut tidak memiliki satu akar utama yang kuat seperti akar tunggang, namun memiliki banyak akar yang membentuk jaringan yang kompleks.

Tanaman dengan akar serabut biasanya tumbuh lebih cepat dari tanaman dengan akar tunggang, karena akar serabut dapat menyerap nutrisi dan air dengan lebih banyak. Beberapa contoh tanaman yang memiliki akar serabut adalah jagung, padi, dan tanaman sayuran.

Kesimpulan

Meskipun kedua jenis akar sangat penting bagi pertumbuhan tanaman, ada perbedaan yang signifikan antara akar tunggang dan akar serabut. Tanaman dengan akar tunggang cenderung lebih kuat dan stabil, sementara tanaman dengan akar serabut cenderung tumbuh lebih cepat dan memiliki sistem akar yang lebih luas.

Sekarang Anda tahu apa perbedaan antara akar tunggang dan akar serabut. Selamat bertanam!

BACA JUGA:   Beda NIP dan NIB: Kenali Perbedaan Keduanya