Skip to content
Home » Apa Perbedaan Antara Sel Prokariotik dan Sel Eukariotik?

Apa Perbedaan Antara Sel Prokariotik dan Sel Eukariotik?

Sistem seluler merupakan bagian penting dari biologi. Dalam sistem seluler, ada dua jenis sel utama: sel prokariotik dan sel eukariotik. Dalam artikel ini, kita akan membahas perbedaan antara kedua jenis sel tersebut.

Sel Prokariotik

Sel prokariotik adalah jenis sel yang paling sederhana. Mereka umumnya ditemukan dalam organisme jenis bakteri dan arkea. Beberapa ciri khas dari sel prokariotik termasuk struktur seluler yang sederhana, tidak ada membran inti, dan hanya memiliki satu kromosom. Struktur seluler terdiri dari sitoplasma, dinding sel, dan membran plasma. Selain itu, mereka mampu bertahan dalam kondisi lingkungan yang ekstrim.

Sel Eukariotik

Sel eukariotik sangat berbeda dari sel prokariotik. Mungkin sel eukariotik adalah jenis sel yang paling umum kita kenal. Mereka terdapat pada semua hewan dan tumbuhan serta organisme lainnya. Beberapa ciri khas dari sel eukariotik termasuk struktur seluler yang kompleks, adanya membran inti, dan memiliki lebih dari satu kromosom. Struktur seluler ini terdiri dari membran sel, sitoplasma, inti, mitokondria, ribosom, kloroplas, dan banyak organel lainnya.

Perbedaan Antara Sel Prokariotik dan Sel Eukariotik

Struktur Seluler

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, sel prokariotik memiliki struktur seluler yang sederhana, sementara sel eukariotik sangat kompleks. Sel eukariotik memiliki membran inti yang pada sel prokariotik tidak ada. Selain itu, sel eukariotik dilengkapi dengan berbagai jenis organel.

Membran Sel

Membran sel pada sel prokariotik terdiri dari dinding sel dan membran plasma. Di sisi lain, membran sel pada sel eukariotik memiliki banyak jenis organel lain yang terdiri dari membran.

BACA JUGA:   Meningkatkan Bisnis Anda dengan Pemasaran Digital

Kromosom

Sel prokariotik hanya memiliki satu kromosom yang sederhana, sedangkan sel eukariotik memiliki lebih dari satu (biasanya dua) kromosom.

Reproduksi

Sel prokariotik bereproduksi dengan metode pembelahan biner, sementara sel eukariotik bereproduksi dengan mitosis dan meiosis.

Kesimpulan

Dalam kesimpulan, ada beberapa perbedaan penting antara sel prokariotik dan sel eukariotik, termasuk struktur seluler, membran sel, kromosom, dan reproduksi. Sel prokariotik adalah jenis sel yang sangat sederhana dengan struktur seluler yang sederhana dan hanya memiliki satu kromosom. Sel eukariotik, di sisi lain, kompleks dan memiliki berbagai jenis organel lain dalam struktur selulernya serta memiliki lebih dari satu kromosom. Semua organisme, mulai dari bakteri hingga manusia, adalah kumpulan sel prokariotik dan eukariotik.