Skip to content
Home » Apa Perbedaan Hewan dan Binatang?

Apa Perbedaan Hewan dan Binatang?

Jika Anda sering menggunakan kata "hewan" dan "binatang" secara bergantian, ada kemungkinan bahwa Anda tidak tahu perbedaannya. Kedua kata tersebut merujuk pada makhluk hidup, tetapi sebenarnya memiliki perbedaan yang jelas. Dalam artikel ini, kami akan membahas perbedaan antara hewan dan binatang, mulai dari definisi hingga karakteristik mereka.

Definisi Hewan

Hewan adalah organisme eukariotik multiseluler yang bergerak, bernapas, dan reproduksi secara seksual. Mereka termasuk banyak kelompok seperti mamalia, burung, reptil, ikan, serangga, dan masih banyak lagi. Hewan biasanya memiliki sistem saraf dan organ pencernaan yang berkembang, dan kebanyakan dari mereka memiliki berbagai macam adaptasi untuk membantu mereka mempertahankan hidup.

Definisi Binatang

Binatang, pada dasarnya, merupakan istilah lebih umum daripada hewan. Binatang meliputi segala jenis organisme hidup yang tidak bisa menyintesis sendiri makanan mereka dan harus memakan organisme lain untuk hidup. Jadi, termasuk hewan dan juga mikroorganisme seperti bakteri, jamur, dan sebagainya. Binatang biasanya dibagi menjadi dua kelompok besar: vertebrata dan invertebrata.

Perbedaan Antar Hewan dan Binatang

Dari definisi di atas, mungkin sudah terlihat jelas perbedaan antara hewan dan binatang. Perbedaan tersebut bisa dikategorikan menjadi beberapa hal seperti:

Kompleksitas Struktur

Hewan secara khusus adalah organisme eukariotik multiseluler yang kompleks. Mereka cenderung memiliki jaringan, organ, dan sistem yang berkembang dengan baik. Binatang, di sisi lain, bisa jadi multiseluler atau tak bersekat dan bisa menjadi organisme yang sangat sederhana.

Sumber Daya Energi

Seperti yang disebutkan sebelumnya, binatang harus memakan organisme lain untuk hidup sementara hewan bisa membuat makanan sendiri melalui proses fotosintesis. Oleh karena itu, hewan sepenuhnya mandiri, sementara binatang perlu mencari sumber daya di luar diri mereka.

BACA JUGA:   Klx 150: Segalanya yang Perlu Anda Ketahui

Adaptasi dan Sistem Kehidupan

Karena kompleksitas mereka, hewan sering memiliki adaptasi khusus untuk membantu mereka bertahan hidup di lingkungan tertentu. Binatang, dengan persyaratan hidup yang lebih sedikit, cenderung memiliki adaptasi yang lebih generik dan kurang berkembang.

Kesimpulan

Secara umum, perbedaan antara hewan dan binatang terletak pada kompleksitas struktur, sumber daya energi, serta sistem kehidupan yang dimilikinya. Namun, kedua istilah tersebut masih merujuk pada makhluk hidup yang saling bergantung satu sama lain dan membentuk ekosistem yang kompleks. Semoga artikel ini memberikan Anda gambaran yang lebih jelas tentang apa yang membedakan hewan dan binatang. Sekian dan terima kasih telah membaca!