Skip to content
Home » Apa Perbedaan Infaq dan Shadaqah?

Apa Perbedaan Infaq dan Shadaqah?

Pertanyaan tentang perbedaan antara infaq dan shadaqah sering muncul dalam kehidupan sehari-hari. Beberapa orang mungkin berpikir bahwa kedua istilah tersebut memiliki makna yang sama, dan beberapa mungkin tidak tahu perbedaannya.

Namun, sebelum membahas lebih jauh tentang perbedaan antara infaq dan shadaqah, ada baiknya kita mengetahui lebih dulu apa arti dari kedua kata tersebut.

Pengertian Infaq

Infaq adalah sebuah istilah yang berarti memberikan harta atau kekayaan dengan sukarela demi membantu orang atau kelompok yang membutuhkan. Pada umumnya, infaq dilakukan kepada orang yang tidak mampu atau kurang mampu dengan tujuan untuk mengurangi beban hidup mereka. Infaq juga bisa dilakukan secara rutin, seperti memberikan sedekah pada setiap bulan, pada saat lebaran, atau pada saat terjadi bencana alam.

Pengertian Shadaqah

Shadaqah adalah istilah lain yang juga berkaitan dengan memberikan harta atau kekayaan. Namun, shadaqah lebih bersifat umum dan tidak terbatas hanya pada orang yang kurang mampu. Shadaqah dapat diberikan kepada siapa saja, termasuk orang mampu dan kaya, tetapi tetap berdasarkan pada syariat dan aturan yang berlaku dalam agama Islam.

Shadaqah juga bisa dilakukan dalam bentuk apa saja, seperti memberikan makanan, pakaian, atau memberikan bantuan dana untuk penyediaan sarana dan prasarana keagamaan seperti membangun masjid, madrasah, dan sebagainya.

Perbedaan Infaq dan Shadaqah

Setelah kita mengetahui makna dari kedua kata tersebut, kini saatnya kita membahas perbedaan antara infaq dan shadaqah.

Pertama, infaq bersifat khusus dan lebih terfokus pada orang yang membutuhkan, sedangkan shadaqah lebih bersifat umum dan tidak terbatas pada orang yang kurang mampu.

BACA JUGA:   Kunci Sukses dalam Berbisnis Online

Kedua, dalam infaq biasanya terdapat unsur rutin atau kontinu, seperti memberikan sedekah setiap bulan, sedangkan dalam shadaqah tidak diatur sedemikian rupa.

Ketiga, infaq lebih ditujukan untuk mengurangi beban hidup orang yang kurang mampu atau tidak mampu, sedangkan shadaqah lebih bersifat untuk mendukung kegiatan keagamaan dan kemanusiaan secara umum.

Kesimpulan

Dari paparan di atas, dapat disimpulkan bahwa infaq dan shadaqah memiliki perbedaan dalam cara dan tujuan pemberiannya. Infaq bersifat khusus untuk membantu orang yang membutuhkan dengan rutin dan terfokus, sedangkan shadaqah bersifat umum dan tidak terbatas pada orang yang kurang mampu.

Namun, baik infaq maupun shadaqah sama-sama dianjurkan dalam agama Islam dan dapat dilakukan sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan masing-masing individu. Semoga artikel ini dapat memberikan informasi yang bermanfaat dan memudahkan kita untuk memahami perbedaan antara infaq dan shadaqah.