Skip to content
Home » APA PERBEDAAN KERONGKONGAN DAN TENGGOROKAN?

APA PERBEDAAN KERONGKONGAN DAN TENGGOROKAN?

Apakah Anda pernah bingung perbedaan antara kerongkongan dan tenggorokan? Kedua bagian ini memang mudah tercampur dan sering dianggap sama. Namun, sebenarnya terdapat perbedaan yang jelas antara kerongkongan dan tenggorokan.

Apa itu Kerongkongan?

Kerongkongan adalah bagian dari saluran pencernaan dan tempat makanan melewati dari mulut ke perut. Kerongkongan dimulai dari pangkal tenggorokan dan berakhir di atas perut. Kerongkongan terdiri dari tiga lapisan dinding otot, yaitu otot longitudinal, sirkular, dan diagonal. Jika terjadi masalah pada kerongkongan, dapat menyebabkan sakit tenggorokan, kesulitan menelan, dan disfagia.

Apa itu Tenggorokan?

Tenggorokan atau laring berada di bagian atas kerongkongan dan berfungsi sebagai saluran udara dan penghasil suara. Tenggorokan terdiri dari beberapa bagian, seperti epiglotis, pita suara, dan kartilago. Epiglotis memisahkan rongga hidung dan rongga mulut dari saluran pencernaan saat menelan, sementara pita suara digunakan untuk menghasilkan suara.

Apa Perbedaan Antar Kerongkongan dan Tenggorokan?

Salah satu perbedaan utama antara kerongkongan dan tenggorokan adalah fungsi dan letaknya. Kerongkongan berada di bawah tenggorokan dan berfungsi sebagai saluran makanan dari mulut ke perut, sementara tenggorokan berada di atas kerongkongan dan berfungsi sebagai saluran udara dan penghasil suara.

Selain itu, struktur fisik kedua organ ini juga berbeda. Seperti yang telah disebutkan, kerongkongan terdiri dari tiga lapisan dinding otot, sedangkan tenggorokan terdiri dari beberapa bagian, seperti epiglotis, pita suara, dan kartilago.

Mengapa Penting Memahami Perbedaan Antara Kerongkongan dan Tenggorokan?

Memahami perbedaan antara kerongkongan dan tenggorokan penting untuk mencegah salah diagnosis dan mengambil tindakan lebih cepat pada saat terjadi masalah pada organ tersebut. Jika terdapat masalah pada kerongkongan, seperti kesulitan menelan dan disfagia, maka dokter spesialis pencernaan yang dibutuhkan. Sedangkan jika terdapat masalah pada tenggorokan, seperti suara serak dan sulit bernafas, maka dokter spesialis THT yang dibutuhkan.

BACA JUGA:   Harga Tempered Glass iPhone 11: Temukan Yang Terbaik Untuk Perlindungan Layar Anda

Kesimpulan

Kerongkongan dan tenggorokan memang sulit dibedakan karena letaknya yang berdekatan dan fungsinya yang berkaitan dengan saluran mulut dan pernapasan. Namun, setelah memahami perbedaan antara kerongkongan dan tenggorokan, kita dapat lebih mudah memahami fungsi organ tersebut dan mengambil tindakan lebih cepat jika terjadi masalah pada salah satunya.