Skip to content
Home » Apa Perbedaan Office 365 dengan Office 2019?

Apa Perbedaan Office 365 dengan Office 2019?

Pernahkah kamu bingung antara Office 365 dan Office 2019? Keduanya merupakan produk Microsoft Office yang canggih dan terbaru. Namun, apa perbedaan antara keduanya?

Office 365 vs Office 2019

Office 365 dan Office 2019 sebenarnya memiliki tujuan yang sama, yaitu untuk memberikan solusi di dalam mengolah data. Namun, keduanya memiliki perbedaan signifikan.

Konsep Service and Purchase

Office 365 adalah konsep subscription (berlangganan), sementara Office 2019 adalah pembelian satu kali, atau perpetual license. Artinya, jika kamu menggunakan Office 2019, kamu akan mendapatkan lisensi untuk menggunakan produk selamanya, sedangkan Office 365 akan mengharuskanmu untuk membayar secara berkala agar tetap menggunakannya.

Model Bisnis yang Berbeda

Office 365 juga hadir dengan berbagai opsi lain yang tidak bisa kamu temukan pada Office 2019. Dengan layanan langganan, kamu memperoleh integrasi, pengaturan multi-perangkat secara mudah, penyimpanan cloud, dan sejumlah layanan terkait lainnya. Jika kamu memilih Office 2019, kamu hanya akan mendapatkan aplikasi standar Office, seperti Word, Excel, PowerPoint, dan Outlook, dan tidak mendapatkan fitur-fitur tambahan yang disebutkan di atas.

Update dan Upgrades

Dalam hal pembaruan perangkat lunak, Office 365 menghadirkan pembaruan berkala dan perbaikan kesalahan keamanan dengan lancar. Tetapi, kamu tidak mendapatkan pembaruan-gratis jika menggunakan Office 2019. Kamu harus membeli versi Office terbaru jika ingin mendapatkan fitur yang lebih baru.

Ketersediaan Aplikasi

Office 365 juga tersedia untuk berbagai perangkat seperti PC, Mac, Android, IOS, dan Windows tablet. Kamu hanya memerlukan satu akun untuk bisa menggunakannya di semua perangkat tersebut. Salah satu keuntungan dari penggunaan Office 365 adalah mobilitas anda dalam mengakses dan mengedit file.

BACA JUGA:   Tips Mencari Klep Mesin Motor Berkualitas Tinggi

Office 2019 hanya tersedia untuk PC dan Mac. Meskipun memiliki hardware printing yang canggih, ketika datang ke platform yang lebih kecil seperti ponsel pintar, kinerja aplikasi itu terbatas.

Kesimpulan

Jadi, Office 365 dan Office 2019 keduanya memiliki tujuan yang sama, tetapi memiliki konsep yang berbeda. Untuk memilih salah satunya, kamu harus memutuskan tujuan kamu dan kebutuhan kamu. Jika kamu membutuhkan fleksibilitas dan mobilitas dalam mengolah data, dan tidak keberatan dengan konsep berlangganan, kamu mungkin akan memilih Office 365. Namun, jika kamu mencari aplikasi yang berjalan pada PC dan Mac dengan aplikasi yang lingkungan yang canggih, maka Office 2019 mungkin menjadi pilihan kamu.

Jadi, ketika kamu memilih antara Office 365 dan Office 2019, pertimbangkan kebutuhan kamu dan gunakan ini untuk memudahkan proses pemilihan kamu.