Skip to content
Home » Apa Perbedaan Pembukuan dan Pencatatan?

Apa Perbedaan Pembukuan dan Pencatatan?

Jika kamu sedang merintis usaha, atau mengelola keuangan bisnismu, kemungkinan besar kamu pernah mendengar tentang pembukuan dan pencatatan. Keduanya memang memiliki peran penting untuk mempertahankan keberlangsungan bisnis, tetapi apa sebenarnya perbedaan antara pembukuan dan pencatatan?

Pengertian Pembukuan

Pembukuan adalah pencatatan seluruh transaksi keuangan perusahaan atau bisnis secara rinci dan terstruktur. Pembukuan bertujuan untuk menyediakan informasi tentang kinerja keuangan perusahaan, seperti laba atau rugi, saldo kas, pemasukan dan pengeluaran.

Pembukuan memiliki standar atau aturan yang harus diikuti, tergantung pada jenis bisnis yang dilakukan. Misalnya, untuk perusahaan besar, standar yang harus diikuti adalah Standar Akuntansi Keuangan (SAK).

Di dalam pembukuan, seluruh transaksi keuangan dicatat dengan rapi dan terurai dalam kategori yang sesuai. Contohnya, pembelian bahan baku dicatat di dalam kategori pengeluaran, sementara penjualan produk dicatat di dalam kategori pemasukan.

Dengan pembukuan, kamu dapat melihat semua transaksi keuangan secara rinci dan mengevaluasi kinerja keuangan perusahaan secara keseluruhan.

Pengertian Pencatatan

Pencatatan adalah proses mencatat semua transaksi keuangan yang terjadi di perusahaan, tetapi dengan lebih umum dan kurang terstruktur dibandingkan dengan pembukuan. Pencatatan bertujuan untuk mencatat transaksi keuangan dalam bentuk jurnal, atau catatan umum tentang keuangan perusahaan.

Sama seperti pembukuan, pencatatan juga memiliki aturan-aturan yang harus diikuti agar seluruh transaksi keuangan bisa dicatat dengan teliti. Meskipun lebih sederhana, pencatatan sangat penting karena memberikan gambaran umum tentang arus kas dan kinerja keuangan perusahaan secara umum.

Biasanya, pencatatan bisa digunakan sebagai dasar untuk membuat laporan keuangan, seperti neraca, laporan laba rugi, dan laporan arus kas.

Perbedaan Utama

Perbedaan utama antara pembukuan dan pencatatan terletak pada detail dan aturan yang harus diikuti. Pembukuan merupakan proses mencatat transaksi keuangan secara rinci dan terstruktur, menggunakan standar akuntansi tertentu yang tergantung pada jenis bisnis yang dijalankan. Pencatatan, di sisi lain, lebih umum dan kurang terstruktur, dan digunakan sebagai dasar untuk membuat laporan keuangan.

BACA JUGA:   Jual Gelang Perak Wanita: Koleksi Mewah Untuk Wanita Elegan

Kesimpulan

Mengelola keuangan perusahaan adalah suatu hal yang penting dan tidak boleh diabaikan. Pembukuan dan pencatatan merupakan dua hal yang berbeda, tetapi keduanya sama-sama penting dalam memantau kinerja keuangan perusahaan. Jangan ragu untuk mulai mempelajari keduanya dan terus mengasah kemampuanmu dalam mengelola keuangan bisnismu.