Skip to content
Home » Apa Perbedaan SNMPTN dan SBMPTN?

Apa Perbedaan SNMPTN dan SBMPTN?

Saat menyambut masa-masa kelulusan sekolah, ada beberapa ujian yang harus dihadapi oleh para pelajar, salah satunya adalah SNMPTN dan SBMPTN. Keduanya adalah ujian masuk perguruan tinggi yang sangat penting dan penuh tantangan utamanya untuk para pelajar yang ingin melanjutkan kuliah. Namun, ada perbedaan penting antara SNMPTN dan SBMPTN. Mari kita bahas lebih lanjut.

SNMPTN

SNMPTN adalah singkatan dari Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri. Ujian ini dilakukan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk mengakomodasi siswa dari seluruh wilayah Indonesia yang ingin masuk ke perguruan tinggi negeri. SNMPTN dilakukan sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan aksesibilitas ke perguruan tinggi negeri bagi para pelajar yang berprestasi.

Untuk bisa mengikuti SNMPTN, pelajar harus memenuhi beberapa syarat. Pertama, mereka harus lulus dengan nilai tertentu dari sekolah menengah atas (SMA) atau sederajat. Kedua, mereka harus memiliki prestasi akademik dan non-akademik yang mencolok seperti juara pada olimpiade tingkat nasional dan internasional, dan lain sebagainya. Setelah memenuhi syarat tersebut, pelajar akan dipilih oleh universitas dan jurusan yang mereka pilih.

SBMPTN

SBMPTN adalah singkatan dari Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri. Ujian ini juga dilakukan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan namun lebih terbuka bagi seluruh pelajar dari seluruh wilayah Indonesia. SNMPTN dan SBMPTN memiliki perbedaan utama dalam hal cara seleksi dilakukan.

Dalam SBMPTN, semua universitas negeri bersama-sama bekerja untuk melaksanakan proses seleksi. Para pelajar bisa memilih hingga dua fakultas/jurusan di universitas yang sama atau berbeda. Universitas dan jurusan yang mereka pilih akan mengevaluasi syarat dan prestasi kualifikasi pelajar dalam memilih mereka. Pelajar dapat memiliki peluang untuk diterima oleh pilihan-pilihan universitas dan jurusan pilihan mereka.

BACA JUGA:   Apa Perbedaan Komputer dan Laptop?

Perbedaan Utama

Jadi, apa perbedaan antara SNMPTN dan SBMPTN? Perbedaan utama terletak pada cara mereka melakukan seleksi kepada para pelajar. SNMPTN hanya dilakukan oleh universitas tertentu yang telah ditentukan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Kriteria seleksi berdasarkan prestasi akademik dan non-akademik pelajar. Sedangkan SBMPTN diproses oleh semua universitas negeri dalam negeri, memungkinkan pelajar untuk memilih hingga dua fakultas atau jurusan di universitas yang sama atau berbeda. Kriteria seleksi berdasarkan prestasi kualifikasi pelajar dan kemampuan fisik untuk studi di perguruan tinggi.

Kesimpulan

SNMPTN dan SBMPTN keduanya adalah ujian masuk perguruan tinggi negeri yang sangat penting dan penuh tantangan. Namun, selain memiliki tujuan yang sama dalam memberikan akses kepada pelajar untuk masuk di perguruan tinggi, keduanya juga memiliki perbedaan penting dalam cara seleksinya. Jika Anda adalah seorang pelajar yang berprestasi akademik dan non-akademik, maka SNMPTN bisa menjadi pilihan untuk Anda. Namun, jika Anda ingin memilih jurusan di universitas yang berbeda, SBMPTN bisa menjadi pilihan yang lebih baik. Oleh karena itu, pastikan untuk memahami perbedaan antara keduanya saat memilih ujian masuk perguruan tinggi yang sesuai dengan kebutuhan Anda.