Skip to content
Home » Apa yang Dimaksud Akhlak dan Apa Perbedaannya dengan Norma

Apa yang Dimaksud Akhlak dan Apa Perbedaannya dengan Norma

Akhlak dan norma adalah dua hal yang sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari kita. Meskipun sering digunakan, tidak semua orang mengerti arti dari kedua hal ini. Oleh karena itu, kita harus memahami perbedaan antara akhlak dan norma.

Apa itu Akhlak?

Akhlak adalah perilaku seseorang yang berkaitan dengan moralitas atau etika. Akhlak berkaitan dengan konsep yang berhubungan dengan baik dan buruk. Contoh perilaku akhlak yang baik antara lain jujur, adil, dan sopan santun.

Sementara itu, perilaku akhlak yang buruk antara lain mencuri, korupsi, dan berbohong. Dalam agama Islam, akhlak merupakan bagian dari hukum agama yang wajib untuk dijalankan oleh setiap muslim.

Apa itu Norma?

Norma adalah seperangkat aturan atau kebiasaan yang diterapkan oleh masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. Norma juga dikenal sebagai peraturan sosial. Norma dapat berkaitan dengan kaidah perilaku, etika, kesopanan, dan kebudayaan.

Contoh norma yang diterapkan oleh masyarakat Indonesia antara lain tidak memakan makanan dengan tangan kiri, tidak memotong antrian, dan tidak berbicara dengan kasar. Norma juga dapat diterapkan dalam hukum positif yang mengatur tentang aturan hukum di masyarakat.

Perbedaan antara Akhlak dan Norma

Meskipun serupa dalam hal mengatur perilaku manusia, akhlak dan norma mempunyai perbedaan yang cukup signifikan. Perbedaan tersebut meliputi:

  1. Sumber

Akhlak berasal dari moral yang berasal dari batin pribadi manusia, sedangkan norma berasal dari budaya dan kebiasaan yang diterapkan oleh masyarakat.

  1. Penerapan

Akhlak diterapkan pada diri sendiri untuk memperbaiki perilaku, sementara norma diterapkan pada orang lain untuk menentukan apakah perilaku mereka sesuai atau tidak dengan aturan yang ada.

  1. Tujuan
BACA JUGA:   Apa Perbedaan Cinta Sama Sayang?

Akhlak bertujuan untuk mencapai kebaikan dan kebenaran, sementara norma bertujuan untuk menjaga agar perilaku yang dilakukan tidak merugikan orang lain.

Penutup

Akhlak dan norma memegang peranan yang penting dalam kehidupan manusia. Mengetahui perbedaan antara keduanya dapat membantu kita dalam memahami bagaimana perilaku manusia diatur dan dipahami dalam masyarakat. Oleh karena itu, kita harus menjaga dan menjalankan akhlak dan norma dengan baik agar tercipta masyarakat yang harmonis dan adil.