Skip to content
Home » Apa yang Mendasari Perbedaan Instrumen Non-tes dan Instrumen Tes?

Apa yang Mendasari Perbedaan Instrumen Non-tes dan Instrumen Tes?

Instrumen penilaian adalah cara untuk mengukur kemampuan dan kinerja seseorang, baik itu dalam belajar, bekerja, atau situasi lainnya. Ada dua jenis instrumen penilaian, yakni instrumen tes dan instrumen non-tes. Meskipun keduanya diklasifikasikan sebagai instrumen penilaian, namun ada perbedaan mendasar antara keduanya. Banyak orang masih bingung tentang perbedaan mendasar tersebut, sehingga artikel ini akan membahas pokok-pokok perbedaan mendasar antara instrumen tes dan instrumen non-tes.

Apa itu Instrumen Tes?

Instrumen tes adalah salah satu bentuk penilaian yang paling umum di kalangan pendidik. Instrumen tes mencakup sejumlah pertanyaan yang harus dijawab oleh peserta tes. Bentuk-bentuk instrumen tes meliputi tes tertulis, tes lisan, dan tes keterampilan. Tes tertulis adalah bentuk penilaian yang paling umum digunakan. Tes tertulis mencakup sejumlah pertanyaan pilihan ganda, isian singkat, atau pertanyaan essay yang terdiri dari beberapa paragraf. Tes lisan mencakup wawancara, presentasi atau diskusi di depan kelas. Tes keterampilan mencakup tes psikologis, atau tes fisik bagi atlet. Hasil dari instrumen tes bisa sangat membantu dalam menilai kemampuan peserta tes, dan bisa digunakan untuk mempromosikan peserta tes ke tingkat yang lebih tinggi.

Apa Itu Instrumen Non-tes?

Instrumen non-tes adalah bentuk penilaian yang tidak melibatkan pertanyaan. Instead, instrumen non-tes mencakup pemantauan perilaku atau kinerja seseorang selama periode waktu tertentu. Bentuk-bentuk instrumen non-tes meliputi observasi, penilaian diri dan penilaian kinerja. Observasi terjadi ketika seseorang diam-diam diamati oleh penilai kemampuan mereka dalam satu lingkungan tertentu. Penilaian diri dilakukan dengan meminta peserta untuk secara objektif menilai kemampuan atau kinerja mereka dalam konteks tertentu. Penilaian kinerja adalah bentuk penilaian di mana klien menilai kemampuan atau kinerja seseorang selama periode waktu tertentu, biasanya selama beberapa bulan atau lebih.

BACA JUGA:   Membuat RX King Nafas Panjang

Perbedaan Mendasar Antara Instrumen Tes dan Non-tes

Terdapat perbedaan mendasar antara instrumen tes dan instrumen non-tes. Instrumen tes terutama digunakan untuk mengukur apa yang telah dipelajari oleh siswa dalam jangka waktu tertentu, seringkali terfokus pada pengetahuan atau keterampilan tertentu. Waktu penilaian juga dapat cukup variatif, mulai dari satu jam hingga beberapa minggu. Beberapa contoh dari instrumen tes termasuk tes tulis, tes lisan, atau tes keterampilan.

Di sisi lain, instrumen non-tes memperhatikan kemampuan peserta dalam situasi tertentu. Ketika menggunakan instrumen non-tes, pengamat dapat memperhatikan bagaimana peserta merespons situasi tertentu. Walaupun tujuannya sama dengan instrumen tes, namun instrumen non-tes memperhitungkan faktor-faktor lain yang dapat mempengaruhi kinerja seseorang, seperti faktor psikologis dan jenis keterampilan tertentu, yang tidak dapat dilihat dengan bentuk tes.

Kesimpulan

Instrumen tes dan instrumen non-tes memiliki perbedaan mendasar. Penggunaan salah satu instrumen tergantung pada tujuannya dalam membuat penilaian. Instrumen tes terutama digunakan untuk mengukur kemampuan peserta dalam bidang tertentu, sedangkan instrumen non-tes memperhitungkan faktor-faktor lain yang mempengaruhi kinerja seseorang. Oleh karena itu, penting untuk mempertimbangkan tujuan penilaian Anda sebelum memilih instrumen yang tepat untuk dicoba.