Skip to content
Home » Apakah Bisa Setor Tunai Beda Bank?

Apakah Bisa Setor Tunai Beda Bank?

Pernahkah Anda merasa kesulitan ketika ingin menyetorkan uang tunai ke rekening bank yang berbeda dengan bank yang biasa Anda gunakan? Mungkin saat ini Anda sedang berpikir, "Apakah bisa setor tunai beda bank?" Jawabannya adalah, bisa!

Cara Melakukan Setor Tunai Beda Bank

Untuk melakukan setor tunai beda bank, Anda bisa menggunakan layanan Setor Tunai ATM (STA) yang disediakan oleh bank-bank di Indonesia. Layanan ini memungkinkan Anda untuk menyetorkan uang tunai ke rekening bank lain yang berbeda dengan bank yang Anda gunakan.

Untuk menggunakan layanan STA, Anda hanya perlu melakukan langkah-langkah sebagai berikut:

  1. Cari mesin ATM yang menyediakan layanan STA. Pastikan mesin ATM tersebut memiliki logo ATM Bersama atau Prima.
  2. Masukkan kartu ATM Anda ke mesin ATM.
  3. Pilih menu Setor Tunai dan ikuti petunjuk yang diberikan oleh mesin ATM.
  4. Masukkan uang tunai yang ingin disetorkan ke mesin ATM.
  5. Masukkan nomor rekening tujuan yang ingin Anda setorkan uang tunai tersebut.
  6. Pastikan nomor rekening yang Anda masukkan sudah benar.
  7. Tunggu konfirmasi dari mesin ATM terkait jumlah uang tunai yang telah Anda setorkan dan nomor rekening tujuan yang Anda masukkan.

Biaya dan Batas Setor Tunai Beda Bank

Layanan Setor Tunai ATM (STA) umumnya memiliki biaya administrasi atau biaya transaksi yang berbeda antara bank satu dengan bank lainnya. Namun, biaya tersebut umumnya hanya berkisar antara Rp 6.500 hingga Rp 10.000 per transaksi.

Selain itu, umumnya juga terdapat batas maksimal setor tunai beda bank yang bisa Anda lakukan dengan layanan STA. Batas tersebut umumnya tergantung pada kebijakan masing-masing bank, namun umumnya berkisar antara Rp 5.000.000 hingga Rp 10.000.000 per transaksi.

BACA JUGA:   Apa Bedanya Softcase dan Hardcase?

Keuntungan Menggunakan Layanan Setor Tunai Beda Bank

Menggunakan layanan Setor Tunai ATM (STA) untuk menyetorkan uang tunai ke rekening bank lain yang berbeda dengan bank yang biasa Anda gunakan memiliki beberapa keuntungan, yaitu:

  1. Praktis dan mudah dilakukan, Anda hanya perlu mengakses mesin ATM yang memiliki layanan STA dan mengikuti petunjuk yang diberikan oleh mesin ATM.
  2. Aman dan terpercaya, Anda tidak perlu khawatir akan kehilangan uang tunai saat membawa ke bank lain untuk disetorkan ke rekening yang berbeda.
  3. Lebih hemat waktu dan biaya, Anda tidak perlu mengeluarkan waktu dan biaya tambahan untuk pergi ke bank lain hanya untuk menyetorkan uang tunai.

Kesimpulan

Jadi, apakah bisa setor tunai beda bank? Jawabannya adalah, bisa! Anda bisa menggunakan layanan Setor Tunai ATM (STA) yang disediakan oleh bank-bank di Indonesia untuk menyetorkan uang tunai ke rekening bank lain yang berbeda dengan bank yang Anda gunakan. Pastikan Anda memperhatikan biaya dan batas setor tunai beda bank yang berlaku di masing-masing bank, dan jangan ragu untuk menggunakan layanan ini karena memiliki beberapa keuntungan seperti yang telah dijelaskan di atas.