Skip to content
Home » ARTI 10W-30 PADA OLI

ARTI 10W-30 PADA OLI

Oli mesin menjadi komponen krusial dalam kendaraan kita, khususnya pada mesin mobil. Sebagai penunjang untuk mobilitas kita, tentunya kita membutuhkan oli mesin yang berkualitas tinggi. Namun, seringkali kita bingung memilih oli mesin yang pas untuk kendaraan kita. Dan salah satu hal yang seringkali menjadi perdebatan adalah angka 10W-30 pada oli. Apa sih arti dari angka tersebut?

Understanding oli 10W-30

Angka 10W-30 pada oli sebenarnya adalah penanda viskositas oli mesin. Viskositas sendiri adalah kemampuan cairan untuk mengalir. Pada oli mesin, viskositas yang tepat akan menjamin oli masih dapat mengalir dengan baik, meski di bawah tekanan besar sekalipun.

Angka 10 pada 10W-30 pada dasarnya menunjukkan kemampuan cairan untuk mengalir pada suhu dingin. Semakin rendah angka tersebut, maka semakin baik kemampuan oli untuk mengalir pada suhu dingin. 30 sendiri menunjukkan kemampuan oli untuk mengalir pada suhu panas. Semakin tinggi angka ini, maka semakin baik kemampuan oli untuk mengalir pada suhu panas.

Jadi, 10W-30 pada oli mesin menunjukkan kemampuan oli tersebut untuk mengalir dengan baik baik pada suhu dingin (-30 derajat Celsius) maupun suhu panas (100 derajat Celsius).

When to use 10W-30 oli

Penggunaan oli mesin dengan kode 10W-30 sebenarnya sangat direkomendasikan untuk kendaraan dengan tipe mesin tertentu. Secara umum, kendaraan dengan tipe mesin konvensional dengan desain lama dan sistem pendinginan udara cocok menggunakan oli 10W-30. Oli ini memberikan perlindungan yang cukup bagi mesin kendaraan. Sedangkan untuk kendaraan tipe mesin modern dengan sistem pendinginan air, biasanya merekomendasikan penggunaan oli mesin dengan kode 5W-30 atau 0W-20.

BACA JUGA:   Apa Bedanya Tulang pada Daun Telinga dengan Tulang Kering?

Namun, ada satu hal yang perlu diperhatikan. Sebelum menggunakan oli mesin dengan kode 10W-30, pastikan terlebih dahulu kondisi mesin kendaraan kita. Kondisi mesin kendaraan yang sudah tua atau sudah menempuh jarak jauh sebaiknya menggunakan jenis oli motor yang lebih tebal dari pada jenis yang dirancang untuk mobil baru. Oli 10W-30 bisa jadi sulit untuk menopang mesin yang sudah tua dan mungkin akan membuat mesin rentan terkena gesekan dan keausan. Konsultasikan terlebih dahulu dengan mekanik atau produsen kendaraan sebelum menggunakan jenis oli mesin tersebut.

Conclusion

Pemilihan oli mesin memang sangat krusial dan perlu diperhitungkan dengan seksama. Oli mesin yang kurang berkualitas dapat membuat mesin kendaraan kita rusak dan mengalami kerusakan permanen. Oleh karena itu, pastikan kita memilih oli mesin yang tepat untuk kendaraan kita agar mesin kendaraan bisa bekerja dengan optimal. Semoga artikel ini bermanfaat untuk menambah pengetahuan kita tentang arti 10W-30 pada oli.