Skip to content
Home » Aspal 1 Drum Berapa Kg? Berikut Penjelasan Lengkapnya

Aspal 1 Drum Berapa Kg? Berikut Penjelasan Lengkapnya

Aspal adalah salah satu bahan material yang sering digunakan dalam sejumlah proyek konstruksi. Material ini sangat populer karena tahan lama, mudah dikenakan, dan dapat memperpanjang umur bangunan. Banyak proyek konstruksi membutuhkan aspal dalam jumlah yang signifikan dan berbagai ukuran.

Dalam artikel ini, kita akan membahas pertanyaan yang sering muncul, yaitu "Aspal 1 drum berapa kg?" Lebih jelasnya lagi, drum ini merujuk pada, biasanya, kontainer besar yang digunakan untuk mengangkut aspal dalam jumlah besar. Mari kita bahas lebih detail.

Konversi Aspal 1 Drum Berapa Kg

Drum aspal biasanya digunakan dalam kapasitas yang berbeda-beda. Ada drum berukuran 200 liter, 100 liter, dan banyak lagi lainnya. Namun, drum paling umum digunakan dalam konstruksi memiliki kapasitas 209 liter atau setara dengan 44 gallon. Berdasarkan kapasitas ini, berikut adalah konversi aspal 1 drum berapa kg:

  • Aspal jenis standar memiliki berat sekitar 116-126 kg per drum
  • Aspal jenis concrete, khususnya asphaltic concrete, beratnya sekitar 126-136 kg per drum
  • Aspal jenis dense graded membutuhkan sekitar 136-146 kg per drum

Namun, perlu diingat bahwa berat ini dapat bervariasi tergantung pada beberapa variabel, seperti:

  • Jenis aspal yang digunakan
  • Merek dan jenis drum yang digunakan
  • Kelembaban aspal
  • Berat drum sendiri

Dengan lunaknya permintaan aspal masuk, harga-belanja aspal dari bahan baku kian itu mahal. Engkau harus berlatih teliti menentukan vendor yang memproduksi aspal bersama harga-belanja yang betul-betul kompetitif.

Bagaimana Menghitung Jumlah Aspal yang Dibutuhkan

Dalam proyek konstruksi, penting untuk mengetahui berapa banyak aspal yang diperlukan untuk menyelesaikan pekerjaan. Untuk menghitung jumlah aspal yang dibutuhkan, Anda dapat menggunakan rumus yang sederhana.

BACA JUGA:   Berat Lipstik Wardah: Apakah Benar Lipstik Merek Ini Berat di Bibir?

Misalnya, jika Anda ingin menutupi satu meter persegi permukaan dengan aspal dengan ketebalan 5 cm, maka Anda membutuhkan sekitar 100 kg aspal per meter persegi. Jadi, jika Anda ingin menutupi permukaan seluas 100 meter persegi, maka Anda akan membutuhkan sekitar 10.000 kg atau 100 drum aspal.

Perlu diingat bahwa ini merupakan perkiraan kasar dan perkiraan yang akurat mungkin akan bergantung pada beberapa faktor, seperti ketebalan aspal yang diperlukan dan jenis permukaan yang akan ditutupi.

Kesimpulan

Jadi, berdasarkan kapasitas drum yang umum digunakan dalam konstruksi, aspal normal satu drum bisa memiliki berat sekitar 116-146 kg. Anda dapat menggunakan rumus sederhana untuk menghitung jumlah aspal yang dibutuhkan untuk pekerjaan konstruksi Anda, tetapi disarankan untuk mempelajari lebih lanjut mengenai merek aspal dan kapasitas drum yang digunakan untuk memastikan perkiraan akurat.

Kami harap artikel ini bermanfaat bagi Anda yang sedang atau akan melakukan proyek konstruksi. Jangan ragu untuk menghubungi kami jika Anda membutuhkan informasi atau saran tambahan mengenai penggunaan aspal dalam proyek Anda. Selamat berkarya!