Skip to content
Home » Beda Jurusan dan Program Studi

Beda Jurusan dan Program Studi

Saat ini, banyak siswa atau mahasiswa yang masih salah mengartikan antara jurusan dan program studi. Padahal, kedua hal tersebut memiliki perbedaan yang sangat mendasar. Jurusan dan program studi memang terlihat sama-sama membahas tentang bidang ilmu tertentu, namun memiliki perbedaan yang signifikan. Mari kita ulas lebih jauh mengenai beda jurusan dan program studi.

Pengertian Jurusan

Jurusan adalah suatu kumpulan program studi yang memiliki kesamaan bidang ilmu dalam sebuah universitas atau perguruan tinggi. Jurusan sendiri terdiri dari beberapa program studi yang fokus pada bidang ilmu tertentu. Jurusan dibedakan menjadi beberapa kategori seperti ilmu sosial, ilmu eksakta, dan ilmu humaniora. Contoh jurusan yang sering ditemui di universitas atau perguruan tinggi adalah jurusan ilmu hukum, ilmu ekonomi, kedokteran, teknik, dan lain sebagainya.

Setiap jurusan memiliki kepala jurusan atau dekan yang bertanggung jawab dalam mengatur dan mengelola jalannya kegiatan di jurusan tersebut. Jurusan juga memiliki kurikulum yang bervariasi di setiap perguruan tinggi. Kurikulum yang berbeda-beda tersebut membuat jurusan memiliki kekhususan tersendiri pada setiap perguruan tinggi.

Pengertian Program Studi

Program studi adalah suatu unit akademik yang bertanggung jawab dalam memberikan pembelajaran dalam bidang ilmu tertentu. Program studi biasanya terdapat dalam sebuah jurusan. Setiap program studi memiliki mata kuliah yang berbeda-beda berdasarkan spesialisasi bidang ilmu tersebut. Contoh program studi yang sering ditemui di universitas atau perguruan tinggi adalah program studi teknik sipil, manajemen, kedokteran gigi, dan lain sebagainya.

Setiap program studi juga memiliki kurikulum yang bervariasi di setiap perguruan tinggi. Kurikulum tersebut disesuaikan dengan kebutuhan pasar dan juga visi misi perguruan tinggi tersebut. Program studi juga memiliki dosen pembimbing yang bertanggung jawab dalam memberikan pembelajaran pada mahasiswa dan juga mengawasi pendidikan mahasiswa tersebut.

BACA JUGA:   Mengapa Produk Kebersihan Penting

Perbedaan Jurusan dan Program Studi

Perbedaan utama antara jurusan dan program studi terletak pada tingkatannya. Jurusan merupakan kumpulan dari beberapa program studi yang membahas bidang ilmu tertentu, sedangkan program studi merupakan bagian dari jurusan tersebut yang membahas bidang ilmu tersebut dalam spesifikasi yang lebih rinci.

Selain perbedaan tersebut, terdapat beberapa perbedaan lain antara jurusan dan program studi, seperti:

  • Kurikulum: Jurusan memiliki kurikulum sendiri yang berisi mata kuliah yang harus diambil oleh mahasiswa yang masuk pada jurusan tersebut. Sedangkan, program studi memiliki kurikulum yang bervariasi, bergantung pada kebutuhan pasar dan visi misi perguruan tinggi tersebut.

  • Keahlian yang dipelajari: Jurusan memberikan pengetahuan umum dan terkait dengan bidang ilmu tertentu, sedangkan program studi memberikan keahlian khusus yang dapat diaplikasikan pada lapangan pekerjaan.

  • Peminatan: Jurusan tidak memiliki peminatan khusus, sedangkan program studi memiliki peminatan khusus dalam bidang ilmu tertentu.

Kesimpulan

Jurusan dan program studi memang terlihat sama-sama membahas tentang bidang ilmu tertentu, namun memiliki perbedaan yang signifikan. Jurusan adalah kumpulan program studi dengan kurikulum tersendiri, sedangkan program studi adalah unit akademik yang membahas bidang ilmu tersebut dengan spesifikasi yang lebih rinci. Perbedaan tersebut cukup penting untuk diketahui agar tidak salah dalam memilih jurusan atau program studi yang sesuai dengan minat dan bakat kita. Oleh karena itu, pastikan untuk memahami perbedaan antara jurusan dan program studi sebelum memilih suatu perguruan tinggi atau universitas.