Skip to content
Home » Beda Kartu Visa dan GPN: Mana yang Paling Baik untuk Anda?

Beda Kartu Visa dan GPN: Mana yang Paling Baik untuk Anda?

Apakah Anda sering bingung akan menggunakan kartu kredit Visa atau GPN di saat pembayaran? Tidak perlu khawatir, artikel ini akan menjelaskan perbedaan antara kartu Visa dan GPN serta manfaat dari keduanya.

Apa itu Kartu Visa?

Kartu kredit Visa adalah kartu kredit yang dikeluarkan oleh perusahaan Visa Inc. yang berbasis di Amerika Serikat. Visa adalah salah satu penyedia jasa kartu kredit terbesar di dunia. Kartu Visa memungkinkan Anda untuk melakukan pembayaran di mana saja yang menerima kartu kredit Visa.

Apa itu Kartu GPN?

Kartu debit GPN adalah kartu debit yang dikeluarkan oleh GPN (Gerbang Pembayaran Nasional). GPN adalah lembaga non-bank yang memfasilitasi layanan pembayaran non-tunai di Indonesia. Kartu debit GPN memungkinkan Anda untuk melakukan pembelian di mana saja yang menerima kartu debit GPN.

Apa Perbedaan Antara Kartu Visa dan Kartu GPN?

Perbedaan utama antara kartu Visa dan kartu GPN adalah jenis kartu yang ditawarkan. Kartu Visa adalah kartu kredit, sedangkan kartu GPN adalah kartu debit. Selain itu, GPN adalah lembaga non-bank, sementara Visa adalah perusahaan kartu kredit.

Selain itu, dalam hal cakupan penggunaan, kartu Visa biasanya lebih diterima secara internasional daripada kartu GPN. Namun, kartu GPN terutama digunakan di Indonesia dan mungkin dapat memberikan berbagai keuntungan untuk penggunaan di dalam negeri.

Apa Manfaat Kartu Visa?

Kartu kredit Visa menawarkan sejumlah manfaat bagi pemegang kartu, termasuk:

  • Perlindungan pembelian: jika barang yang Anda beli dengan kartu kredit Visa rusak atau hilang, Anda mungkin dapat mengajukan klaim agar pembayaran dikembalikan.
  • Skema reward: beberapa jenis kartu kredit Visa menawarkan program reward seperti cashback, poin reward, atau diskon.
  • Fleksibilitas: dengan kartu kredit Visa, Anda memiliki fleksibilitas untuk membayar tagihan secara penuh atau sebagian pada setiap bulan.
BACA JUGA:   Perbedaan Office 365 dan Office Biasa

Namun, penting untuk diingat bahwa penggunaan kartu kredit harus dilakukan dengan bijak, dan tagihan harus dibayarkan tepat waktu untuk menghindari biaya tambahan seperti bunga dan denda keterlambatan.

Apa Manfaat Kartu GPN?

Kartu debit GPN juga menawarkan sejumlah manfaat bagi pemegang kartu, termasuk:

  • Biaya transaksi lebih rendah: kartu debit GPN biasanya memiliki biaya transaksi yang lebih rendah daripada kartu kredit Visa.
  • Mencegah kelebihan utang: dengan kartu debit GPN, Anda hanya dapat melakukan transaksi jika saldo di kartu Anda cukup. Ini dapat membantu mencegah terjadinya kelebihan utang.
  • Perlindungan data yang lebih baik: kartu debit GPN didukung oleh teknologi chip dan PIN yang lebih aman daripada kartu debit tradisional.

Namun, seperti halnya kartu kredit, penggunaan kartu debit GPN juga harus dilakukan dengan bijak, dan Anda harus memastikan bahwa saldo di kartu Anda selalu mencukupi untuk melakukan transaksi.

Kesimpulan

Kartu Visa dan kartu GPN masing-masing memiliki keunggulan dan manfaat mereka sendiri. Pilihan antara keduanya tergantung pada preferensi dan kebutuhan pengguna. Jika Anda sering melakukan pembelian internasional, kartu kredit Visa mungkin lebih cocok untuk Anda. Namun, jika Anda lebih sering menggunakan kartu debit di Indonesia, kartu GPN mungkin lebih menguntungkan Anda.

Namun, tidak peduli jenis kartu yang Anda pilih, selalu pastikan untuk menggunakannya dengan bijak dan mengelola tagihan dan saldo dengan baik untuk menghindari biaya tambahan.