Skip to content
Home » Beda Kartu Visa dan Mastercard

Beda Kartu Visa dan Mastercard

Kartu kredit adalah salah satu produk keuangan paling populer di dunia. Mereka sangat berguna saat Anda ingin membayar produk atau layanan secara online atau di tempat-tempat lain yang menerima pembayaran kartu kredit. Visa dan Mastercard adalah dua merek kartu kredit terbesar dan paling dikenal di dunia. Namun, apakah Anda tahu perbedaan antara kartu Visa dan Mastercard?

Apa itu Visa dan Mastercard?

Visa dan Mastercard bukanlah bank atau penerbit kartu kredit, melainkan penyedia jasa pembayaran. Visa didirikan pada tahun 1958 dan Mastercard didirikan pada tahun 1966. Kedua perusahaan ini bekerja dengan bank di seluruh dunia untuk menerbitkan kartu kredit dengan merek mereka dan memproses transaksi pembayaran antara bank penerbit, merchant, dan penyedia jasa pembayaran.

Perbedaan antara Kartu Visa dan Kartu Mastercard

Perbedaan antara kartu Visa dan kartu Mastercard memang tidak terlalu banyak. Kedua merek ini menerima pembayaran di hampir seluruh negara di dunia dan memiliki pilihan kartu kredit, debit, dan prabayar. Namun, ada beberapa perbedaan kecil yang bisa membantu Anda memilih di antara keduanya.

Tingkat Penerimaan

Satu perbedaan utama antara Visa dan Mastercard adalah tingkat penerimaan mereka. Meskipun keduanya diterima di seluruh dunia, ada beberapa negara yang lebih condong menggunakan salah satu merek. Misalnya, di Amerika Serikat, Visa lebih populer daripada Mastercard, sedangkan di Eropa, Mastercard lebih umum.

Biaya dan Tingkat Bunga

Biaya dan tingkat bunga yang berbeda dapat menjadi faktor kunci dalam memilih antara kartu Visa atau Mastercard. Namun, ini tergantung pada bank penerbit yang menerbitkan kartu kredit tersebut. Bank penerbit dapat memberikan biaya dan tingkat bunga yang lebih baik pada produk kartu kredit Visa daripada Mastercard, atau sebaliknya. Oleh karena itu, sebelum memilih, pastikan Anda membandingkan biaya dan tingkat bunga yang ditawarkan oleh bank penerbit.

BACA JUGA:   Proris Hijau untuk Apa: Manfaat dan Kegunaannya

Fasilitas

Fitur dan manfaat tambahan biasanya ditawarkan pada kartu kredit Visa atau Mastercard oleh bank penerbit. Misalnya, beberapa bank dapat menawarkan program reward atau cashback yang lebih besar untuk produk kartu kredit Visa daripada yang lain. Namun, Anda juga harus mencari tahu tentang program reward lebih lanjut untuk memastikan Anda memilih produk yang paling cocok dengan kebutuhan Anda.

Kesimpulan

Masing-masing Visa dan Mastercard mempunyai kelebihan sendiri-sendiri. Jadi, pilihan terbaik sangat tergantung pada kebutuhan pribadi Anda. Pastikan Anda membandingkan fasilitas, biaya, tingkat bunga dan kebijakan bank penerbit sebelum memilih produk kartu kredit yang paling tepat untuk Anda.

Sekarang Anda tahu perbedaan antara kartu Visa dan Mastercard. Dalam penilaian akhir, keduanya merupakan provider jasa pembayaran yang solid dan pilihan terbaik untuk membantu Anda mengelola keuangan Anda. Tidak peduli Anda memilih kartu Visa atau Mastercard, pastikan Anda selalu membaca dengan seksama perjanjian dan persyaratan kartu kredit untuk memastikan Anda memahami sepenuhnya tanggung jawab dan kewajiban Anda.