Skip to content
Home » Beda Manusia dan Hewan

Beda Manusia dan Hewan

Manusia dan hewan telah hidup bersama di dunia ini sejak zaman dahulu. Namun, apakah yang membuat manusia berbeda dengan hewan? Mari kita bahas lebih lanjut.

Keberadaan Akal Budi dan Kemampuan Berbicara

Salah satu hal utama yang membedakan manusia dari hewan adalah keberadaan akal budi dan kemampuan berbicara. Manusia memiliki kemampuan untuk menggunakan akal budi mereka untuk berpikir, merencanakan, memecahkan masalah dan mempelajari hal-hal baru. Selain itu, manusia memiliki kemampuan untuk berbicara dengan bahasa yang kompleks dan terstruktur.

Sementara itu, hewan tidak memiliki kemampuan seperti itu. Mereka tidak bisa berbicara dan tidak memiliki kemampuan untuk berpikir secara kompleks. Hewan beroperasi pada insting, melakukan tindakan yang diperlukan untuk bertahan hidup dan berkembang biak.

Kemampuan Membangun Alat

Keunikan lain dari manusia adalah kemampuan mereka untuk membuat alat. Manusia telah membuat berbagai macam alat sejak zaman purbakala untuk membantu mereka bertahan hidup dan memudahkan pekerjaan mereka. Menara Eifel, mobil, dan pesawat terbang adalah beberapa contoh karya manusia yang kompleks dari berbagai bidang.

Sementara itu, hewan tidak memiliki kemampuan untuk membuat alat seperti manusia. Mereka hanya menggunakan alat bawaan mereka seperti cakar, sayap, gigi, dan kaki untuk bertahan hidup di alam liar.

Sistem Kebudayaan

Manusia juga memiliki sistem kebudayaan yang kompleks. Mereka memiliki bahasa, sistem kepercayaan, sistem hukum, dan tata nilai yang berbeda-beda di seluruh dunia. Tanpa sistem kebudayaan ini, manusia tidak akan berhasil menyusun masyarakat tingkat tinggi seperti yang kita lihat sekarang.

Di sisi lain, hewan tidak memiliki sistem kebudayaan yang kompleks. Mereka hanya memiliki insting dan naluri yang digunakan untuk berkomunikasi dan bertindak dalam kelompok mereka.

BACA JUGA:   Beda Blackmores Kalbe dan Australia

Kesimpulan

Kesimpulannya, apa yang membedakan manusia dari hewan adalah kemampuan mereka untuk menggunakan akal budi, berbicara, membuat alat, dan memiliki sistem kebudayaan yang kompleks. Ini memberi manusia kemampuan untuk bertahan hidup dan menguasai lingkungan mereka, sesuatu yang tidak bisa dilakukan oleh hewan.

Jadi, meskipun manusia dan hewan mungkin memiliki banyak kesamaan secara fisik, kemampuan dan keunikan manusia membuat mereka benar-benar berbeda dari hewan. Mereka memiliki kemampuan untuk menciptakan, inovatif, dan mengembangkan lingkungan di mana mereka hidup.