Skip to content
Home » Bedanya AM dan PM Berdasarkan Waktu

Bedanya AM dan PM Berdasarkan Waktu

Terkadang kita sering bingung ketika melihat jam digital, apakah jam tersebut menunjukkan waktu yang sudah siang atau masih pagi. Ini bisa saja terjadi khususnya bagi mereka yang masih baru belajar mengenal konsep waktu pada jam. Perbedaan antara AM dan PM ini sebenarnya sangat mudah sekali, mari kita simak penjelasan di bawah ini.

Pengertian AM

AM adalah kepanjangan dari Ante Meridiem, dan biasanya digunakan untuk menunjukkan waktu pagi hari. Pada dasarnya, waktu pagi adalah waktu yang dimulai sejak matahari terbit hingga sebelum matahari sampai di titik tertinggi pada siang hari. Sebagai contoh, ketika terdapat angka 9 di jam digital yang tertulis "9 AM" maka artinya adalah "jam 9 pagi".

Pengertian PM

Sementara itu, PM adalah kepanjangan dari Post Meridiem dan umumnya digunakan untuk menunjukkan waktu sore atau malam hari. Waktu sore dihitung dari saat matahari mulai turun hingga sebelum tengah malam. Sedangkan waktu malam dimulai dari tengah malam hingga matahari terbit kembali. Sebagai contoh, ketika terdapat angka 9 di jam digital yang tertulis "9 PM" maka artinya adalah "jam 9 malam".

Perbedaan Jam AM dan PM

Perbedaan utama antara jam AM dan PM adalah pada waktu yang dinyatakan. Waktu AM dihitung dari jam 12 malam hingga jam 11:59 pagi, sedangkan waktu PM dihitung dari jam 12 siang hingga jam 11:59 malam. Ketika mengganti dari waktu pagi ke waktu siang atau malam ke pagi, maka kita harus menggeser jam 12 jam ke atas atau ke bawah.

Contohnya jika saat ini jam 10 PM dan kita ingin mengganti ke waktu pagi, maka kita harus menggeser jam sebanyak 12 jam ke bawah yang artinya jam yang ditunjukkan di jam digital berubah menjadi "10 AM". Sebaliknya, jika saat ini jam 10 AM dan ingin mengganti ke waktu malam, maka kita harus menggeser jam sebanyak 12 jam ke atas sehingga jam yang tertampil di jam digital berubah menjadi "10 PM".

BACA JUGA:   Apa Perbedaan MRT dan LRT?

Kesimpulan

Jadi, perbedaan AM dan PM terletak pada waktu yang dinyatakan, AM untuk waktu pagi dan PM untuk waktu sore atau malam hari. Untuk mengubah dari AM ke PM atau sebaliknya, kita harus menggeser jam sebanyak 12 jam. Dengan menguasai perbedaan ini, kita tentu tak lagi bingung pada saat memandang jam digital yang kita miliki. Semoga artikel ini dapat membantu Anda memahami perbedaan antara AM dan PM sehingga dapat menentukan waktu dengan benar.