Skip to content
Home » Bedanya IGD (Instalasi Gawat Darurat) dan UGD (Unit Gawat Darurat)

Bedanya IGD (Instalasi Gawat Darurat) dan UGD (Unit Gawat Darurat)

Ketika seseorang mengalami kecelakaan atau kondisi medis yang membutuhkan pertolongan cepat, hal pertama yang ada di pikiran kita adalah pergi ke unit gawat darurat (UGD). Namun tahukah Anda bahwa ada jenis UGD yang lain yaitu instalasi gawat darurat (IGD)? Apa bedanya antara keduanya?

Apa itu UGD?

UGD atau unit gawat darurat adalah fasilitas medis yang menyediakan perawatan darurat kepada pasien yang datang ke rumah sakit. UGD biasanya terletak di gedung utama rumah sakit dan dapat diakses 24 jam non-stop.

UGD dilengkapi dengan perangkat dan teknologi medis yang canggih seperti alat prehospital trauma life support, ventilator, dan sebagainya. Selain itu, UGD juga dilengkapi dengan tenaga medis yang sudah terlatih di bidangnya seperti dokter, perawat, dan tenaga medis lainnya yang dapat memberikan penanganan dengan cepat dan tepat.

Apa itu IGD?

IGD atau instalasi gawat darurat adalah sebuah unit kesehatan yang mendapatkan mandat dari kementerian kesehatan untuk memberikan pertolongan medis secara cepat dan tepat kepada pasien yang datang dengan kondisi emergensi.

IGD biasanya terletak di luar rumah sakit tertentu seperti rumah sakit umum, puskemas, atau puskesmas pembantu. IGD dilengkapi dengan peralatan medis dasar seperti defibrillator, ambulans, dan ruang observasi serta ditangani oleh tim medis profesional dan terlatih seperti dokter spesialis bedah, dokter spesialis anak, dan sebagainya.

Apa saja perbedaannya?

Perbedaan utama antara IGD dan UGD terletak pada lokasi dan jenis pasien. Pada IGD, pasien yang datang mengalami kondisi medis yang tergolong emergensi sehingga memerlukan penanganan medis segera. Sedangkan pada UGD, pasien yang datang dapat bervariasi dari pasien dengan kondisi ringan hingga kondisi serius tetapi tidak memerlukan penanganan medis segera seperti pada kasus IGD.

BACA JUGA:   Perbedaan SNMPTN dan SBMPTN

Selain itu, ketersediaan peralatan medis dan tenaga medis yang terlatih juga menjadi faktor perbedaan antara IGD dan UGD. Pada IGD, tenaga medis yang terlatih di bidangnya dan peralatan medis yang canggih tersedia di tempat untuk membantu pasien secepat mungkin. Di sisi lain, UGD dilengkapi dengan peralatan medis dasar dan tenaga medis yang lebih sedikit.

Bagaimana memilih antara IGD dan UGD?

Tergantung pada kondisi medis Anda, akan lebih baik mengetahui mana yang lebih tepat untuk didatangi antara IGD dan UGD. Jika kondisi medis Anda tergolong emergensi dan memerlukan penanganan medis segera, maka IGD adalah opsi terbaik.

Namun, jika kondisi medis Anda tidak terlalu serius dan dapat ditangani dengan baik pada UGD yang lebih dekat dari tempat tinggal Anda, maka UGD adalah opsi yang tepat. Pastikan juga memilih UGD yang memiliki ketersediaan dan kecukupan tenaga medis serta peralatan medis yang memadai.

Kesimpulan

Perbedaan antara IGD dan UGD terletak pada lokasi, jenis pasien, ketersediaan peralatan medis, dan tenaga medis yang terlatih. Untuk memilih antara IGD dan UGD, pastikan mempertimbangkan kondisi medis Anda dan fokus pada opsi mana yang lebih cepat dan tepat dalam memberikan penanganan medis. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda.