Skip to content
Home » Bedanya LLG dan RTGS: Pilih yang Mana?

Bedanya LLG dan RTGS: Pilih yang Mana?

Apakah kamu sering melakukan transfer uang antar bank? Bila ya, mungkin kamu sudah tidak asing lagi dengan istilah LLG dan RTGS. Meski sama-sama bisa digunakan untuk transfer uang antar bank, pada kenyataannya ada perbedaan yang cukup mendasar antara LLG dan RTGS. Nah, apa sih bedanya LLG dan RTGS? Dan mana yang lebih baik digunakan? Yuk, simak penjelasan berikut ini.

Apa itu LLG?

LLG merupakan singkatan dari Local Transfer (LT) atau sering kali disebut juga sebagai transfer lokal. LLG banyak digunakan untuk melakukan transfer uang antar bank yang jaraknya tidak terlalu jauh, biasanya hanya sekitar satu atau dua propinsi saja. LLG juga bisa dilakukan dengan cara online atau biasa disebut internet banking.

Apa itu RTGS?

RTGS merupakan singkatan dari Real Time Gross Settlement. Sama seperti LLG, RTGS juga digunakan untuk transfer uang antar bank. Namun, yang membedakan adalah RTGS digunakan untuk transfer uang yang nominalnya besar dan jarak antar bank yang jauh.

Dalam RTGS, transfer uang akan langsung ditransfer ke rekening penerima tanpa adanya jeda waktu sekalipun. Selain itu, transfer uang melalui RTGS juga dilakukan secara seketika atau real time. Hal ini mengakibatkan identitas bank penerima dan pengirim akan terverifikasi secara otomatis oleh sistem.

Apa Bedanya LLG dan RTGS?

Salah satu perbedaan mendasar antara LLG dan RTGS adalah dalam hal nominal transfer. Di mana, LLG umumnya digunakan untuk transfer uang dengan jumlah yang tidak begitu besar, sedangkan RTGS digunakan untuk transfer uang dengan nominal yang lebih besar dan terbilang signifikan.

BACA JUGA:   Ban Corsa Terminator 70 80 17: Ban Motor Terbaik untuk Akselerasi Cepat

Selain itu, perbedaan lainnya adalah dalam hal waktu. LLG biasanya membutuhkan waktu sekitar 1-2 hari kerja untuk dapat diproses. Sementara itu, RTGS dilakukan secara real time tanpa adanya jeda waktu sama sekali. Artinya, uang yang ditransfer akan langsung masuk ke rekening penerima.

Lalu, ada juga perbedaan dalam hal biaya. Biaya transfer melalui LLG umumnya lebih murah dibandingkan dengan biaya transfer melalui RTGS. Hal ini disebabkan karena proses transfer melalui LLG lebih lambat dan memerlukan banyak jeda waktu, sementara proses transfer melalui RTGS merupakan proses yang cepat dan dilakukan secara langsung.

Mana yang Lebih Baik?

Pertanyaan selanjutnya adalah, mana yang lebih baik antara LLG dan RTGS? Jawabannya tergantung dari kebutuhan kamu sebagai pengguna.

Jika kamu membutuhkan transfer uang yang nominalnya tidak terlalu besar dan jumlahnya tidak banyak, maka LLG bisa menjadi pilihan yang tepat untuk kamu gunakan. Selain itu, LLG juga umumnya lebih murah dibandingkan dengan biaya transfer melalui RTGS.

Namun, jika kamu membutuhkan transfer uang dalam jumlah yang besar dan jarak antar bank yang jauh, maka RTGS bisa menjadi solusi yang tepat untuk kamu gunakan. Melalui RTGS, kamu bisa melakukan transfer uang secara langsung dan uang yang diterima akan langsung masuk ke rekening penerima tanpa adanya jeda waktu.

Kesimpulan

Nah, itulah tadi penjelasan singkat tentang bedanya LLG dan RTGS. Jadi, mana yang lebih baik digunakan antara LLG dan RTGS? Kembali lagi tergantung dari kebutuhan kamu sebagai pengguna. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!