Skip to content
Home » Bedanya Mediklin Ungu dan Orange

Bedanya Mediklin Ungu dan Orange

Jika Anda sedang mencari obat untuk mengobati jerawat, Anda mungkin pernah mendengar tentang Mediklin, yang tersedia dalam 2 warna yaitu Mediklin orange dan ungu. Keduanya memiliki kandungan bahan aktif yang sama, tetapi apa bedanya antara Mediklin orange dan ungu?

Apa itu Mediklin?

Mediklin adalah obat topikal yang digunakan untuk mengobati jerawat. Obat ini mengandung 2 bahan aktif yaitu tretinoin dan clindamycin. Tretinoin adalah bentuk asam retinoat yang membantu menyamakan warna kulit dan mengurangi tampilan keriput, sedangkan clindamycin adalah antibiotik topikal yang membantu mengurangi jumlah bakteri penyebab jerawat. Obat ini tersedia dalam bentuk krim atau gel.

Apa bedanya antara Mediklin orange dan ungu?

Mediklin ungu mengandung tretinoin 0,025% dan clindamycin 1%, sedangkan Mediklin orange mengandung tretinoin 0,04% dan clindamycin 1%. Kandungan tretinoin yang lebih tinggi pada Mediklin orange membuat kulit Anda lebih sensitif terhadap sinar matahari dan bisa lebih mudah terbakar jika terkena sinar matahari langsung. Oleh karena itu, sebaiknya hindari paparan sinar matahari langsung jika menggunakan Mediklin orange.

Selain itu, kandungan tretinoin yang lebih tinggi pada Mediklin orange juga membuat obat ini lebih efektif dalam mengobati jerawat yang lebih parah. Namun, jika jerawat Anda tidak terlalu parah, sebaiknya gunakan Mediklin ungu karena lebih aman untuk kulit Anda.

Cara menggunakan Mediklin

Untuk menggunakan Mediklin, pertama-tama bersihkan kulit terlebih dahulu dengan sabun muka yang lembut dan air hangat. Keringkan kulit dengan lembut dengan handuk bersih. Kemudian, oleskan krim atau gel Mediklin dengan tipis pada area yang terkena jerawat.

BACA JUGA:   Apa Perbedaan Program dan Bahasa Pemrograman

Gunakan obat ini sekali sehari, biasanya pada malam hari sebelum tidur. Jangan menggunakannya terlalu sering atau terlalu banyak karena bisa membuat kulit Anda iritasi. Jika Anda merasa iritasi, sebaiknya hentikan penggunaan obat ini atau kurangi dosisnya.

Anda mungkin merasa perbaikan pada kulit Anda dalam beberapa minggu, tetapi pengobatan maksimal bisa membutuhkan waktu hingga beberapa bulan. Sebaiknya, terus menggunakan obat ini secara teratur meskipun kulit Anda sudah bersih dari jerawat.

Efek samping Mediklin

Selama penggunaan Mediklin, Anda mungkin mengalami efek samping seperti kulit yang kering, iritasi kulit, atau kulit terbakar. Jika efek samping ini terjadi, hentikan penggunaan obat ini atau kurangi dosisnya.

Selain itu, Mediklin bisa membuat kulit Anda lebih sensitif terhadap sinar matahari, sehingga sebaiknya hindari paparan sinar matahari langsung dan gunakan tabir surya dengan SPF minimal 30 saat keluar rumah.

Kesimpulan

Mediklin adalah obat topikal yang efektif dalam mengobati jerawat, tersedia dalam 2 jenis yaitu Mediklin orange dan ungu. Kandungan tretinoin yang lebih tinggi pada Mediklin orange membuat obat ini lebih efektif dalam mengobati jerawat yang lebih parah, tetapi bisa membuat kulit lebih sensitif terhadap sinar matahari. Oleh karena itu, sebaiknya gunakan Mediklin ungu jika jerawat Anda tidak terlalu parah. Gunakan obat ini dengan benar dan teratur selama beberapa bulan untuk hasil yang maksimal, dan hindari penggunaan terlalu sering atau terlalu banyak karena bisa membuat kulit iritasi.