Skip to content
Home » Bedanya OTF dan TTF

Bedanya OTF dan TTF

Jika Anda sering berurusan dengan font, pasti sering mendengar kata OTF dan TTF. Apa sebenarnya perbedaan keduanya? Pada artikel ini, kami akan membahas secara rinci mengenai perbedaan OTF dan TTF.

Apa Itu OTF?

OpenType (sering disingkat OTF) adalah format file font yang dibuat oleh Adobe dan Microsoft pada tahun 1996. OTF menggabungkan teknologi font Adobe Type 1 dan teknologi font TrueType Microsoft. Format font OTF menawarkan dukungan Unicode yang lebih besar dan kemampuan fitur tipografi yang lebih baik seperti ligature, glyph alternatif, dan teknologi hinting yang lebih baik.

OTF adalah format font yang lebih baru dan lebih maju daripada TTF.

Apa Itu TTF?

TrueType (sering disingkat TTF) adalah format file font yang dibuat oleh Apple dan Microsoft pada tahun 1980-an. Dengan teknologi font OpenType, TTF digunakan untuk membuat font yang terdiri dari skala vektor, memungkinkan font untuk diubah ukurannya tanpa kehilangan kualitas.

TTF telah menjadi format font paling standar dalam beberapa tahun terakhir, terutama karena kelengkapan format ini tersedia di semua sistem operasi modern.

Perbedaan OTF dan TTF

Format font OTF dan TTF sama-sama dapat dipakai untuk tampilan dokumen atau desain. Namun, ada beberapa perbedaan utama antara format-font.

1. Format

Seperti yang telah kami sebutkan, TTF adalah format font yang paling standar, sedangkan OTF adalah format font yang lebih baru dan lebih maju. OTF menyediakan banyak fitur yang lebih baik dari TTF, seperti fitur tipografi yang lebih kaya dan dukungan Unicode yang lebih luas.

2. Ukuran File

BACA JUGA:   Apa Perbedaan Antara Manajer dengan Pemimpin?

Biasanya, file OTF cenderung lebih besar daripada file TTF. Ini adalah karena format OTF menyimpan lebih banyak informasi, seperti metadata, informasi tipografi dan tabel-karakter.

3. Kompatibilitas

Sebagian besar sistem operasi modern telah mendukung kedua format file-font. Namun, OTF hampir selalu dianggap sebagai pilihan yang lebih unggul karena kemampuan tipografinya yang lebih baik.

Kesimpulan

Kesimpulannya, format font OTF adalah pilihan yang lebih baik jika Anda membuat desain yang rumit dan tipografi yang baik sangat penting. Sedangkan TTF dapat menjadi pilihan yang lebih bagus jika Anda mencari ukuran file yang lebih kecil dan kompatibilitas yang lebih tinggi. Namun, ini semua tergantung pada kebutuhan Anda. Oleh karena itu, Anda tetap harus tahu perbedaan kedua format font ini.

Semoga artikel ini bermanfaat dan membantu Anda memahami perbedaan antara OTF dan TTF. Jangan lupa untuk selalu jaga kreativitas dan inovasi!