Skip to content
Home » Beragam Jenis Tepung Terigu dan Kegunaannya

Beragam Jenis Tepung Terigu dan Kegunaannya

Tepung terigu adalah salah satu bahan dasar dalam pembuatan makanan, baik itu kue, roti, maupun masakan lainnya. Ada beragam jenis tepung terigu yang tersedia di pasaran, masing-masing dengan karakteristik dan kegunaannya sendiri. Pada artikel ini, kami akan membahas tentang macam-macam tepung terigu dan kegunaannya.

Tepung Terigu Protein Tinggi

Tepung terigu protein tinggi, atau yang sering disebut juga sebagai tepung protein tinggi, biasanya digunakan untuk pembuatan roti, adonan pizza, dan kue-kue yang membutuhkan kekuatan gluten yang tinggi. Kandungan protein pada tepung ini bisa mencapai 14-15%. Dengan adanya protein yang tinggi, roti atau kue yang dihasilkan akan lebih kenyal dan elastis.

Tepung Terigu Protein Sedang

Tepung terigu protein sedang memiliki kandungan protein sekitar 10-12%, dan banyak digunakan untuk membuat kue-kue seperti sponge cake, brownies, pie crust, serta biskuit. Tepung protein sedang cenderung lebih lembut dibandingkan dengan tepung protein tinggi.

Tepung Terigu Protein Rendah

Tepung terigu protein rendah, atau tepung serba guna, memiliki kandungan protein yang relatif lebih rendah, yaitu sekitar 8-10%. Karena kandungan protein yang rendah, tepung ini lebih serbaguna dan bisa digunakan untuk membuat berbagai macam kue, roti, dan masakan. Tepung serba guna cenderung lebih lunak dan mudah diproses.

Tepung Terigu Self-Raising

Tepung terigu self-raising atua tepung serbaguna dengan baking powder sudah dicampurkan di dalamnya. Kandungan baking powder pada tepung ini membuat adonan atau kue menjadi mengembang sendiri saat dipanggang. Tepung self-raising biasanya digunakan untuk membuat scones, roti goreng, atau kue-kue yang mudah dihasilkan.

BACA JUGA:   Hada Labo Gokujyun: Rahasia Kulit Sehat dan Bercahaya

Tepung Terigu Gandum Utuh

Tepung terigu gandum utuh merupakan tepung yang tidak diolah dengan cara saring, sehingga mengandung gizi yang lebih tinggi dari pada tepung terigu biasa. Tepung ini mengandung serat, vitamin B, dan mineral seperti magnesium dan selenium. Tepung gandum utuh biasanya digunakan untuk membuat roti, kue, atau makanan lain yang lebih sehat.

Tepung Terigu Khusus

Tepung terigu khusus, seperti tepung sagu, tapioka, atau ketan, digunakan untuk membuat makanan-makanan khas Indonesia seperti onde-onde, klepon, atau kue lapis.

Dari penjelasan kami di atas, bisa disimpulkan bahwa pemilihan jenis tepung terigu yang tepat akan sangat mempengaruhi kualitas dan hasil akhir makanan yang dihasilkan. Sebagai koki atau pebisnis makanan, Anda harus memahami karakteristik dari setiap jenis tepung terigu sehingga bisa mengoptimalkan hasil akhir dari setiap menu yang dibuat.