Skip to content
Home ยป Berapa Meter Bahan untuk Membuat Gamis

Berapa Meter Bahan untuk Membuat Gamis

Jika Anda ingin membuat gamis, pertama-tama yang perlu Anda tentukan adalah berapa meter bahan yang Anda butuhkan. Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi dibutuhkannya meteran bahan untuk membuat gamis adalah model gamis yang diinginkan, lebar kain, serta ukuran tubuh Anda.

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Penggunaan Meteran Bahan

Model Gamis

Model gamis yang diinginkan sangat berpengaruh pada penggunaan meteran bahan yang dibutuhkan. Gamis yang longgar dan tidak berlekuk akan membutuhkan meteran bahan yang lebih sedikit ketimbang gamis yang bercorak dan berlekuk. Oleh karena itu, sebelum membeli bahan, pastikan Anda sudah mengetahui model gamis yang ingin Anda buat sehingga Anda dapat menghitung kebutuhan bahan yang tepat.

Lebar Kain

Lebar kain juga mempengaruhi penggunaan meteran bahan. Semakin lebar kain, maka semakin sedikit meteran bahan yang dibutuhkan. Sebaliknya, semakin sempit lebar kain, maka semakin banyak meteran bahan yang dibutuhkan. Biasanya lebar kain untuk gamis berkisar antara 1.2 โ€“ 1.5 meter.

Ukuran Tubuh

Yang perlu diingat adalah ukuran tubuh Anda juga mempengaruhi penggunaan meteran bahan. Semakin besar ukuran tubuh, maka semakin banyak meteran bahan yang dibutuhkan. Oleh karena itu, pastikan Anda sudah mengetahui ukuran tubuh Anda dengan tepat sebelum membeli bahan.

Setelah mengetahui faktor-faktor tersebut, sekarang saatnya untuk menghitung kebutuhan meteran bahan yang dibutuhkan.

Menghitung Meteran Bahan yang Dibutuhkan

Untuk menghitung meteran bahan yang dibutuhkan, yang perlu Anda lakukan adalah mengambil ukuran badan Anda dan mengalikannya dengan lebar kain. Namun sebelum itu, tentukan terlebih dahulu model gamis yang ingin Anda buat. Misalnya, Anda ingin membuat gamis dengan model longgar, maka Anda perlu mengukur lingkar dada, pinggang dan pinggul untuk dipadukan dengan lebar kain.

BACA JUGA:   1 Kilo Berapa Liter Beras: Semua yang Perlu Anda Ketahui

Contoh Penghitungan Meteran Bahan untuk Gamis Model Longgar

  1. Lingkar Dada = 110 cm
  2. Lingkar Pinggang = 100 cm
  3. Lingkar Pinggul = 120 cm
  4. Lebar kain = 1.5 meter

Dalam rumus penghitungan, Anda dapat membagi lingkar tubuh menjadi 1,5 (lebar kain) kemudian ditambahkan beberapa sentimeter untuk jahitan serta khemaja. Dalam hal ini, tambahkan 10 cm pada setiap lingkar tubuh. Maka:

  1. Lingkar Dada = 110 : 1,5 + 10 = 83 cm
  2. Lingkar Pinggang = 100 : 1,5 + 10 = 76 cm
  3. Lingkar Pinggul = 120 : 1,5 + 10 = 90 cm

Setelah itu, jumlahkan semua hasil penghitungan. Maka:

83 + 76 + 90 = 249 cm

Dengan demikian, Anda membutuhkan sekitar 2,5 – 2,7 meter bahan untuk membuat gamis longgar dengan ukuran tubuh Anda.

Contoh Penghitungan Meteran Bahan untuk Gamis Model Bercorak

Untuk gamis model bercorak, Anda membutuhkan meteran bahan lebih banyak karena motif dan corak yang akan dipakai. Namun secara umum, meteran bahan yang dibutuhkan berkisar antara 3 – 4 meter.

Kesimpulan

Dalam membuat gamis, kebutuhan meteran bahan akan berbeda-beda tergantung pada faktor-faktor seperti model gamis, lebar kain, serta ukuran tubuh Anda. Namun dengan menghitung kebutuhan meteran bahan dengan tepat, maka Anda dapat menghemat bahan dan menghindari kekurangan bahan saat membuat gamis.