Skip to content
Home » Berapa Meter Bahan untuk Membuat Gamis?

Berapa Meter Bahan untuk Membuat Gamis?

Gamis adalah salah satu jenis pakaian muslim yang banyak diminati oleh perempuan muslim. Selain menutup seluruh bagian tubuh, gamis juga memberikan kesan yang anggun dan elegan. Namun, sebelum memutuskan untuk membuat gamis sendiri, penting untuk memperhatikan berapa meter bahan yang dibutuhkan untuk membuat gamis.

Jenis Bahan untuk Membuat Gamis

Pertama-tama, kita perlu mempertimbangkan jenis bahan yang digunakan untuk membuat gamis. Beberapa jenis bahan yang umum digunakan untuk membuat gamis adalah:

  1. Katun
  2. Katun jepang
  3. Sifon
  4. Jersey
  5. Brokat
  6. Satin
  7. Organza

Setiap jenis bahan memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, seperti ketebalan, elastisitas, sifat lentur, dan kelembaban. Namun, untuk memudahkan perhitungan, kali ini kita akan menggunakan bahan katun sebagai contoh.

Perhitungan Meter Bahan untuk Membuat Gamis

Untuk membuat gamis dengan bahan katun, yang perlu diperhatikan adalah ukuran tubuh kita dan model gamis yang akan dibuat. Ukuran tubuh yang digunakan pada contoh ini adalah ukuran L untuk perempuan.

Perhitungan Bagian Atas Gamis

Bagian atas gamis terdiri dari bagian lengan dan dada. Untuk bagian lengan, kita perlu memotong dua potongan berukuran 30 cm x 25 cm. Sedangkan untuk bagian dada, diperlukan dua potongan berukuran 35 cm x 57 cm.

Perhitungan Bagian Bawah Gamis

Bagian bawah gamis terdiri dari rok dan pinggang. Rok gamis dapat dimodelkan dalam bentuk A-line atau lurus. Untuk model A-line, kita bisa membuat busur setinggi 27 cm dari pinggang ke bawah. Sedangkan untuk model lurus, dapat langsung memotong kain dengan ukuran 110 cm x 210 cm.

BACA JUGA:   Review Emina Loose Powder Matte: Tampil Cantik Dengan Finishing Satin

Perhitungan Bagian Kerah dan Manset

Untuk bagian kerah dan manset gamis, kita memerlukan dua potongan bahan masing-masing berukuran 45 cm x 8 cm untuk kerah dan 30 cm x 8 cm untuk manset.

Total Meter Bahan yang Dibutuhkan

Dari perhitungan di atas, total meter bahan yang dibutuhkan untuk membuat gamis adalah:

  • Bagian atas gamis: 2 x (30 x 25 cm) + 2 x (35 x 57 cm) = 5785 cm atau 5,8 meter
  • Bagian bawah gamis: 110 cm x 210 cm = 2,31 meter
  • Bagian kerah: 2 x (45 x 8 cm) = 720 cm atau 0,7 meter
  • Bagian manset: 2 x (30 x 8 cm) = 480 cm atau 0,5 meter

Total meter bahan yang dibutuhkan adalah sekitar 9,3 meter atau 10 meter (untuk menghindari kekurangan bahan).

Kesimpulan

Itulah cara yang bisa kita gunakan untuk menghitung berapa meter bahan yang dibutuhkan untuk membuat gamis. Namun, perlu diketahui bahwa perhitungan di atas menggunakan bahan katun sebagai contoh. Jika kita menggunakan jenis bahan yang berbeda, perhitungan yang diperlukan bisa berbeda juga.

Oleh karena itu, sebelum mulai memotong bahan, pastikan untuk mengukur kebutuhan bahan yang tepat dengan mempertimbangkan ukuran tubuh dan model gamis yang akan dibuat. Happy crafting!