Skip to content
Home » Burung Kolibri Makan Apa? Fakta Unik Tentang Makanan Favorit Burung Kolibri

Burung Kolibri Makan Apa? Fakta Unik Tentang Makanan Favorit Burung Kolibri

Burung kolibri adalah burung yang sangat diminati karena keindahan dan keunikan habitatnya. Tapi tahukah kamu apa makanan favorit burung kolibri?

Fakta Umum Tentang Burung Kolibri

Sebelum membahas tentang makanan favorit burung kolibri, mari kita bahas dulu beberapa fakta umum tentang burung yang satu ini.

Burung kolibri termasuk dalam keluarga Trochilidae dan terdapat sekitar 350 spesies di seluruh dunia, dengan sebagian besar ditemukan di Amerika Selatan dan Tengah.

Biasanya burung kolibri memiliki ukuran yang sangat kecil, sekitar 7,5 sampai 13 cm dan beratnya sekitar 2,5 hingga 6,5 gram. Meskipun ukurannya sangat kecil, burung kolibri memiliki kecepatan terbang yang sangat tinggi, bisa mencapai kecepatan hingga 90 km/jam.

Makanan Favorit Burung Kolibri

Jadi, burung kolibri makan apa? Makanan utama burung kolibri adalah nektar bunga. Mereka memiliki bulu-bulu di bagian tenggorokan yang dapat membuka lebar sehingga dapat menyerap cairan nektar yang terdapat di dalam bunga.

Namun, selain nektar, burung kolibri juga memakan serangga dan laba-laba yang berukuran kecil. Kebanyakan serangga yang dimakan adalah lalat buah, ngengat, kecoa, dan kupu-kupu kecil.

Uniknya, meskipun nektar adalah makanan utama burung kolibri, namun nektar tidak memberikan nutrisi yang cukup bagi burung kolibri. Oleh karena itu, burung kolibri harus memakan banyak serangga untuk memberikan nutrisi yang mereka butuhkan.

Bagaimana Burung Kolibri Mencari Makanan?

Burung kolibri memiliki metode yang unik dalam mencari makanan. Mereka menggunakan penglihatan yang tajam dan daya ingat yang baik untuk mengetahui bunga mana yang sudah mereka datangi dan bunga mana yang harus mereka kunjungi berikutnya.

BACA JUGA:   1 Mengapa Faktor Perbedaan Jenis Kelamin Dapat Menghambat Mobilitas Sosial

Selain itu, burung kolibri juga menggunakan indera penciuman untuk menemukan bunga yang memiliki nektar berkualitas tinggi. Mereka juga memahami pola waktu dan musim bunga dalam mencari makanan.

Kesimpulan

Secara umum, burung kolibri memakan nektar bunga sebagai makanan utama mereka dan juga memakan serangga dan laba-laba sebagai sumber nutrisi. Mereka memiliki keunikan dalam mencari makanan dan harus memakan banyak serangga untuk memenuhi kebutuhan nutrisi yang mereka butuhkan.

Jadi, itulah beberapa fakta unik tentang burung kolibri dan makanan favorit mereka. Semoga artikel ini dapat memberikan informasi yang bermanfaat bagi pembaca.

Ini Dia Makanan Favorit Burung Kolibri: Nektar Bunga dan Serangga!