Skip to content
Home » Cara Ampuh Membersihkan Ikan Nila Tanpa Ribet

Cara Ampuh Membersihkan Ikan Nila Tanpa Ribet

Ikan nila merupakan salah satu ikan air tawar yang populer dan sering di konsumsi. Kandungan gizi pada ikan nila sangat baik untuk kesehatan tubuh, seperti protein, vitamin, dan omega-3, sehingga banyak orang yang senang memasaknya. Namun, seringkali kita merasa kesulitan dalam membersihkan ikan nila. Terkadang, ikan nila sangat berbau amis dan licin, sulit untuk dipegang, dan sulit untuk dibersihkan. Berikut adalah cara terbaik untuk membersihkan ikan nila yang bisa anda coba di rumah.

Persiapan Alat Dan Bahan

Sebelum membersihkan ikan nila, ada baiknya untuk menyiapkan alat dan bahan yang diperlukan. Berikut adalah alat dan bahan yang dapat anda siapkan untuk membersihkan ikan nila dengan mudah.

Alat yang dibutuhkan:

  • Pisau ikan
  • Talenan kayu
  • Mangkok plastik
  • Sendok kecil
  • Sikat gigi bekas (jangan gunakan sikat gigi yang masih terpakai)

Bahan yang dibutuhkan:

  • Air bersih
  • Jeruk nipis atau cuka
  • Garam

Langkah-Langkah Membersihkan Ikan Nila

Setelah menyiapkan alat dan bahan yang dibutuhkan, berikut adalah tahapan membersihkan ikan nila dengan mudah.

1. Cuci Ikan Dengan Air Bersih

Cuci ikan nila dengan air bersih agar kotoran dan lendir terlepas. Usahakan untuk mencuci kedua sisi ikan agar bersih sempurna. Setelah selesai mencuci, letakkan ikan nila di atas talenan kayu.

2. Menghilangkan Durinya

Setelah ikan nila bersih dari kotoran dan lendir, gunakan pisau ikan untuk menghilangkan durinya. Pisahkan duri dengan hati-hati dan jangan sampai merusak daging ikan. Jika perlu, gunakan pinset untuk membantu memudahkan pengambilan durinya.

BACA JUGA:   Cek Resi Paket Lazada: Cara Mudah untuk Lacak Kiriman Anda

3. Cuci Lagi Dengan Air dan Jeruk Nipis

Cuci ikan nila lagi dengan air bersih dan peras jeruk nipis pada ikan. Hal ini dapat membantu menghilangkan bau amis pada ikan nila. Namun, jika tidak ada jeruk nipis, cuka juga dapat digunakan sebagai pengganti.

4. Taburi Garam

Taburi garam pada ikan nila yang sudah dibersihkan dengan pisau ikan. Garam dapat membantu menghilangkan bau dan membuat ikan nila lebih segar.

5. Diamkan Ikan Nila

Diamkan ikan nila selama beberapa menit agar bahan-bahan yang digunakan dapat meresap pada daging ikan. Penyimpanan ikan nila yang baik adalah dengan menyimpannya di tempat yang bersih dan kering.

6. Sikat Kulit Ikan

Setelah melewatkan waktu, sikat kulit ikan perlahan-lahan menggunakan sikat gigi bekas. Sikat gigi ini sangat efektif mengangkat sisa-sisa yang menempel pada kulit ikan. Setelah selesai, bilas kembali dengan air bersih.

7. Siap untuk dimasak

Sekarang, ikan nila siap untuk dimasak atau disimpan dalam kulkas untuk dikonsumsi nanti.

Kesimpulan

Itulah cara terbaik untuk membersihkan ikan nila agar lebih mudah dan praktis. Ikuti langkah-langkah yang telah dijelaskan dengan baik dan benar agar ikan nila lebih segar dan sehat untuk dimakan. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda yang sedang memasak ikan nila. Selamat mencoba!