Skip to content
Home » Cara Melipat Dimsum yang Mudah dan Menggiurkan

Cara Melipat Dimsum yang Mudah dan Menggiurkan

Dimsum menjadi salah satu hidangan favorit banyak orang. Tak hanya enak, hidangan ini juga menawarkan beragam jenis isian yang berbeda-beda. Tapi bagaimana cara melipat dimsum yang benar? Tentu saja, hal ini menjadi kunci penting dalam menyajikan hidangan yang enak dan menarik.

Berikut adalah cara melipat dimsum yang mudah dicoba dan pastinya menggiurkan!

Bahan-bahan yang Diperlukan

Sebelum masuk ke cara melipat dimsum, ada baiknya untuk menyiapkan bahan-bahan terlebih dahulu. Berikut adalah beberapa bahan yang dibutuhkan:

  • Kulit dimsum
  • Isian dimsum (sesuai selera)
  • Air

Cara Melipat Dimsum

  1. Siapkan kulit dimsum yang sudah dibeli atau dibuat sendiri. Letakkan satu lembar kulit dimsum di tangan dan tambahkan sedikit isian di atasnya. Jangan terlalu banyak karena kulit dimsum harus bisa dilipat.

  2. Ambil dua ujung kulit dimsum dan angkat ke arah atas lalu tekan erat pada isian.

  3. Biarkan isian berada di tengah dan gunakan jari tangan lainnya untuk membentuk kerutan pada sisi kanan dan kiri. Ulangi langkah ini sebanyak 3-4 kali sampai kulit dimsum benar-benar menutupi isian.

  4. Rapatkan sisi kanan dan kiri dengan membentuk lipatan kecil. Pastikan kulit dimsum tidak putus atau robek saat dilipat.

  5. Letakkan dimsum yang sudah dilipat di atas nampan atau baki yang sudah dialasi dengan kertas roti atau daun pisang agar tidak lengket.

  6. Ulangi cara melipat dimsum hingga semua isian habis.

  7. Siapkan panci kukus dan panaskan air hingga mendidih. Kukus dimsum selama 10-15 menit atau hingga matang.

  8. Angkat dimsum dari panci kukus dan letakkan di atas piring saji. Sajikan dengan saus cabai atau saus tomat.

BACA JUGA:   Keajaiban SP Kue: Segala Kegunaan dan Manfaatnya

Tips Tepat Melipat Dimsum

Berikut adalah beberapa tips tepat dalam melipat dimsum agar hasilnya sempurna:

  • Perhatikan ketebalan kulit dimsum dan isian yang digunakan. Jangan terlalu banyak isian karena akan membuat kulit dimsum sulit untuk dilipat.

  • Pastikan kulit dimsum bersih dan kering sebelum digunakan. Jangan biarkan terlalu lama di udara karena akan membuat kulit dimsum cepat kering dan sulit dilipat.

  • Jangan terlalu sering membuka tutup panci kukus saat dimsum sedang dikukus. Hal ini dapat mengakibatkan suhu menjadi tidak stabil dan berpengaruh pada kualitas dimsum.

  • Pastikan jumlah air dalam panci kukus selalu cukup. Air harus selalu mendidih agar dimsum matang dengan sempurna.

Kesimpulan

Melipat dimsum ternyata tidak sesulit yang dikira banyak orang. Dengan menggunakan cara melipat dimsum yang benar dan tips tepat, siapa saja dapat membuat hidangan ini dengan sangat mudah. Selamat mencoba dan nikmati dimsum yang enak dan menggiurkan!