Skip to content
Home » Cara Memasak Roti Canai: Resep Lengkap dan Praktis

Cara Memasak Roti Canai: Resep Lengkap dan Praktis

Roti canai merupakan salah satu makanan khas Asia Selatan yang sudah sangat terkenal di Indonesia karena rasanya yang lezat dan khas. Orang Indonesia sering menyebut roti canai sebagai roti prata, roti maryam, roti terbang, atau roti telur. Roti canai biasanya disajikan dengan kari atau kuah ikan sarden dan menjadi hidangan sarapan atau camilan yang sangat nikmat. Anda ingin belajar cara memasak roti canai sendiri di rumah? Yuk, simak resep lengkap dan praktis berikut ini!

Bahan-bahan

  • 500 gram tepung terigu protein tinggi
  • 1 sendok teh garam
  • 1 sendok teh gula
  • 2 sendok makan minyak sayur
  • 250-300 ml air hangat
  • Minyak goreng secukupnya untuk menggoreng

Langkah-langkah

  1. Pertama-tama, siapkan bahan-bahan yang ada di atas. Pastikan tepung terigu protein tinggi yang digunakan sudah diayak.
  2. Campurkan tepung terigu, garam, dan gula dalam mangkuk besar. Aduk hingga merata.
  3. Tambahkan minyak sayur ke dalam campuran tepung. Aduk hingga minyak terserap.
  4. Tuangkan air hangat sedikit-sedikit ke dalam mangkuk dan aduk perlahan hingga adonan tercampur dengan rata. Ulangi langkah ini hingga adonan tercampur dengan sempurna. Tidak terlalu penting mengukur jumlah air yang dibutuhkan, karena itu tergantung pada kondisi cuaca dan kualitas tepung terigu yang digunakan. Anda harus merasakan adonan dengan tangan Anda, adonan yang baik akan terlihat lembut dan agak lengket.
  5. Libatkan adonan dan letakkan di atas permukaan yang dilapisi tepung terigu. Giling adonan secara teratur, kemudian lipat adonan sampai rapi. Ulangi langkah ini beberapa kali hingga adonan menjadi lebih lentur.
  6. Setelah itu, bagi adonan menjadi beberapa bola yang sama besar. Lipat masing-masing bola adonan sampai rapi dan giling kembali. Lakukan ini beberapa kali sampai adonan menjadi halus dan elastis.
  7. Ambil bola adonan yang sudah diolah dan letakkan di atas permukaan yang telah ditepung. Giling bola adonan, kemudian tarik dan putar bola adonan sampai tipis. Lakukan ini hingga adonan mencapai ketebalan yang diinginkan.
  8. Panaskan wajan atau penggorengan anti lengket, lalu tambahkan minyak goreng secukupnya. Goreng roti canai satu per satu dengan hati-hati hingga matang dan berwarna kecoklatan.
  9. Angkat roti canai dari wajan dan tiriskan minyaknya. Roti canai siap disajikan dengan kari atau kuah ikan sarden.
BACA JUGA:   Honda Tiger 1993: Primadona Kelas Sport Masa Lalu

Tips

  • Ulangi proses menggiling dan melipat adonan beberapa kali sehingga membuat roti canai lebih tipis dan lebih empuk.
  • Pastikan minyak goreng sudah panas sebelum memasukkan adonan.
  • Oleskan minyak di tangan Anda saat menarik adonan agar tidak lengket.
  • Pastikan adonan sudah lembut dan elastis sebelum membentuk bola dan menggilingnya.

Kesimpulan

Sekarang Anda sudah tahu cara memasak roti canai secara lengkap dan praktis. Ikuti langkah-langkah di atas dan Anda akan berhasil membuat roti canai yang lezat dan enak. Jangan lupa untuk mencoba membuat kari atau kuah ikan sarden yang juga dapat disajikan dengan roti canai ini. Selamat mencoba!