Skip to content
Home » Cara Membuat Mesin Lem Kertas: Panduan Lengkap dengan Langkah-Langkah

Cara Membuat Mesin Lem Kertas: Panduan Lengkap dengan Langkah-Langkah

Pendahuluan

Apakah Anda sering merakit kertas atau mengalami kendala dalam menjaga kekencangan kertas yang ditempelkan? Jika iya, maka Anda mungkin perlu membuat mesin lem kertas. Mesin lem kertas adalah alat yang sangat berguna untuk menjaga kekencangan kertas dan membuat pekerjaan Anda lebih mudah dan efisien.

Dalam panduan ini, kami akan memberikan panduan langkah-demi-langkah tentang cara membuat mesin lem kertas yang benar. Ini adalah panduan rinci yang akan membantu Anda membangun mesin lem kertas mutakhir dengan bahan-bahan sederhana dan tepat.

Langkah 1: Kumpulkan Bahan dan Alat

Sebelum memulai, pastikan Anda memiliki semua bahan dan alat yang diperlukan. Beberapa bahan dan alat yang perlu Anda kumpulkan termasuk:

  • Plastik PVC dengan ketebalan minimal 2 mm dengan ukuran 20cm x 20cm
  • Botol minuman bekas (biasanya botol minuman berukuran 600ml hingga 1 liter)
  • Motor DC (DC Motor)
  • Baterai 9 Volt
  • Kabel listrik tiga warna
  • Saklar on/off
  • Colokan DC
  • Tang potong
  • Gunting
  • Lem PVC

Pastikan bahwa Anda memilih bahan dan alat yang berkualitas agar mesin yang Anda buat dapat bekerja secara maksimal.

Langkah 2: Persiapan PVC

Potong PVC menjadi beberapa bagian. Bagian terpenting untuk dipotong adalah bagian yang akan menjadi lem yang akan menempel kertas. Potong PVC menjadi 4 bagian yang sama besar untuk membuat bingkai 20cm x 20cm. Kemudian, potong salah satu sisi bingkai sehingga adalah lubang yang cukup besar untuk menempatkan mesin motor di dalamnya.

BACA JUGA:   Amd Ryzen 3000 Harga: Nikmati Performa Tinggi dengan Harga Terjangkau

Langkah 3: Siapkan Botol Plastik

Cuci botol plastik hingga bersih dan keringkan. Kemudian, potong salah satu sisi botol minuman bekas menjadi tiga bagian yang sama panjangnya. Setelah itu, anda memotong satu sisi lagi untuk membuat udara di dalamnya lancar.

Langkah 4: Pasang Motor

Sisipkan motor pada bagian bingkai PVC. Pastikan motor terpasang dengan aman dan cukup kuat. Kemudian, tarik kabel listrik dari motor hingga keluar dari lubang yang telah dibuat.

Langkah 5: Tambahkan Saklar On / Off

Pasang saklar on/off dengan menempelkan saklar ke bagian pinggir bingkai PVC. Pastikan bahwa saklar terpasang dengan aman dan kokoh.

Langkah 6: Sambungkan Kabel

Sambungkan kabel motor dengan saklar dan colokan DC mengikuti urutan warna kabel listrik. Biasanya, kabel listrik memiliki tiga warna, yaitu merah, hitam, dan putih. Sambungkan kabel motor dengan colokan DC.

Langkah 7: Sistem Perekat

Terakhir, pasang sistem perekat di kantong yang sudah dipotong pada botol minuman. Untuk membuat sistem perekat, gunakan lem PVC pada kedua sisi kantongnya. Pastikan lem kering dengan baik sebelum digunakan.

Kesimpulan

Membuat mesin lem kertas mungkin terlihat sulit, tetapi sebenarnya sangat mudah jika Anda memiliki panduan yang tepat. Dalam panduan ini, kami telah memberikan panduan langkah-demi-langkah tentang cara membuat mesin lem kertas yang efisien dan sederhana. Ikuti panduan ini dengan hati-hati dan pastikan Anda menggunakan bahan dan alat berkualitas baik untuk memastikan mesin dapat berfungsi secara optimal. Sekarang Anda siap mempelajari bagaimana membuat mesin lem kertas sendiri untuk meningkatkan keterampilan kerja Anda.