Skip to content
Home » Cara Membuat QRIS Code

Cara Membuat QRIS Code

QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard) merupakan metode pembayaran elektronik yang sedang populer saat ini di Indonesia. QRIS Code memungkinkan pengguna untuk melakukan transaksi menggunakan smartphone atau perangkat lain untuk memindai kode QR yang terdapat pada toko atau merchant. QRIS Code sangat mudah digunakan dan dapat mempercepat proses transaksi.

Apa itu QRIS Code?

QRIS merupakan payment system yang dibuat oleh Bank Indonesia untuk mempermudah pengguna melakukan transaksi menggunakan metode QR Code. QRIS Code terdiri dari 3 digit awalan yang menunjukkan kode bank, kemudian dilanjutkan dengan kode unik untuk setiap merchant.

QRIS Code dapat dibaca oleh semua aplikasi pembayaran elektronik, seperti Go-Pay, OVO, dan DANA. QRIS Code juga terintegrasi dengan kartu debit dan kartu kredit, sehingga pengguna dapat memilih cara pembayaran yang paling nyaman.

Cara Membuat QRIS Code

Berikut adalah langkah-langkah cara membuat QRIS Code yang dapat Anda gunakan untuk bisnis ataupun pribadi:

1. Mendaftar Akun QRIS

Untuk membuat QRIS Code, Anda harus terlebih dahulu mendaftarkan akun pada bank yang bekerja sama dengan QRIS. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengunjungi situs web bank pilihan Anda dan mengisi formulir pendaftaran.

2. Verifikasi Akun

Setelah mendaftarkan akun QRIS, Anda harus mengirimkan dokumen identitas yang diperlukan untuk mendapatkan verifikasi akun Anda. Biasanya Anda akan diminta untuk mengirimkan KTP dan NPWP.

3. Aktivasi QRIS Code

Setelah mendapatkan verifikasi akun, bank akan mengirimkan aktivasi QRIS ke email Anda. Langkah selanjutnya adalah mengaktifkan QRIS Code Anda melalui situs web bank atau aplikasi seluler.

BACA JUGA:   Beda BLU dan BCA Mobile: Mana yang Lebih Cocok untuk Kamu?

4. Generate QRIS Code

Setelah QRIS Code Anda diaktifkan, Anda dapat mengakses aplikasi QRIS yang disediakan oleh bank. Pada aplikasi tersebut, Anda akan menemukan bagian untuk membuat QRIS Code Anda. Anda dapat memasukkan informasi seperti Nama Merchant, Nomor Telepon, dan Alamat.

5. Sebar QRIS Code Anda

Setelah Anda memiliki QRIS Code, Anda dapat mencetak atau menampilkan kode QR pada toko Anda. Kode QR dapat dicetak pada kartu nama yang diberikan kepada pelanggan atau dapat ditempelkan pada meja kasir.

Keuntungan Menggunakan QRIS Code

QRIS Code memberikan kemudahan dan keuntungan bagi pengguna dan merchant. Berikut adalah beberapa keuntungan menggunakan QRIS Code:

  1. Mudah digunakan – Pelanggan dapat dengan mudah melakukan pembayaran menggunakan aplikasi pembayaran elektronik mereka.

  2. Hemat waktu – QRIS Code mempercepat proses pembayaran dan ini dapat mempercepat antrean pelanggan.

  3. Aman – QRIS Code mengurangi risiko kehilangan kartu kredit atau debit.

  4. Hemat biaya – Merchant tidak perlu membayar biaya tambahan untuk mesin POS dan biaya transaksi kartu kredit.

Kesimpulan

QRIS Code adalah metode pembayaran yang sangat mudah digunakan dan dapat mempermudah bagi pengguna dan merchant. Untuk membuat QRIS Code, Anda harus mendaftar akun QRIS, mengikuti proses verifikasi, mengaktifkan akun, dan membuat QRIS Code menggunakan aplikasi yang disediakan oleh bank pilihan Anda.

QRIS Code membawa banyak keuntungan bagi pengguna dan merchant, seperti penghematan waktu dan biaya, pengurangan risiko kehilangan kartu kredit atau debit, dan mudah digunakan. Jadi, tunggu apa lagi? Segera buat QRIS Code Anda dan mulailah mempercepat proses transaksi bisnis Anda!