Skip to content
Home » Cara Scan Kode QR Wi-Fi di Android Tanpa Aplikasi

Cara Scan Kode QR Wi-Fi di Android Tanpa Aplikasi

Jika Anda pernah menggunakan Wi-Fi di hotel atau kafe, Anda mungkin pernah diminta untuk memindai kode QR untuk terhubung ke jaringan Wi-Fi. Namun, tidak semua pengguna Android tahu cara melakukan scan QR code tanpa menggunakan aplikasi. Di artikel ini, Anda akan belajar cara scan kode QR Wi-Fi di Android tanpa aplikasi tambahan.

Cara Scan Kode QR Wi-Fi di Android

  1. Buka aplikasi kamera di Android Anda.
  2. Arahkan kamera ke kode QR Wi-Fi.
  3. Tunggu beberapa detik hingga kamu melihat notifikasi "Tekan untuk membagikan koneksi internet" atau "Jaringan Wi-Fi ditemukan".
  4. Tekan notifikasi tersebut, dan otomatis Anda akan terhubung ke jaringan Wi-Fi terkait.

Persyaratan untuk Scan Kode QR Wi-Fi di Android

Untuk bisa scan kode QR Wi-Fi tanpa aplikasi tambahan, pastikan bahwa smartphone Android Anda memiliki fitur Autofocus. Fitur ini memungkinkan kamera untuk secara otomatis fokus pada objek yang diletakkan di dekat lensa kamera, termasuk kode QR.

Pastikan pula bahwa jaringan Wi-Fi yang ingin Anda scan memiliki kode QR yang valid dan bisa terbaca dengan mudah. Saat memindai kode QR, pastikan juga bahwa kelompok warna hitam dan putih pada kode QR terlihat dengan jelas dan tidak buram.

Keuntungan Membaca Kode QR Wi-Fi di Android

Keuntungan dari membaca kode QR Wi-Fi di Android tanpa aplikasi tambahan adalah Anda tidak perlu repot mengunduh dan menginstal aplikasi tambahan yang bisa menghabiskan memori smartphone Anda. Selain itu, dengan cara ini, Anda juga bisa lebih cepat terhubung ke jaringan Wi-Fi tanpa perlu melakukan banyak langkah tambahan.

BACA JUGA:   Cara Membedakan Topi MLB Asli dan Palsu

Kesimpulan

Sekarang Anda telah tahu cara scan kode QR Wi-Fi di Android tanpa aplikasi tambahan. Pastikan Anda memiliki smartphone Android yang dilengkapi dengan fitur Autofocus, dan pastikan kode QR Wi-Fi yang ingin Anda scan terlihat jelas dan tidak buram. Selamat mencoba!