Skip to content
Home » Cempedak dan Nangka, Apa Bedanya?

Cempedak dan Nangka, Apa Bedanya?

Ketika Anda berkunjung ke pasar swalayan atau pasar tradisional, Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan buah-buahan seperti cempedak dan nangka. Dua buah tersebut memang sangat populer di Indonesia, dan sering kali menjadi bahan perbincangan di kalangan pecinta kuliner dan penggemar buah-buahan. Namun, apakah Anda tahu apa bedanya antara cempedak dan nangka?

Perbedaan Fisik

Secara fisik, cempedak dan nangka memang mirip satu sama lain. Kedua buah ini memiliki duri-duri yang tebal di kulitnya, dan biasanya dijual dalam ukuran yang besar. Namun, jika dilihat lebih detail, ada beberapa perbedaan antara cempedak dan nangka. Cempedak memiliki warna kulit yang lebih hijau dan berbuah hanya satu kali dalam setahun, sementara nangka memiliki warna kuning keemasan dan dapat berbuah hingga tiga kali dalam setahun.

Perbedaan Rasa

Salah satu perbedaan paling mencolok antara cempedak dan nangka adalah dari segi rasa. Cempedak memiliki rasa yang lebih kuat dan manis daripada nangka. Buah ini memiliki aroma yang khas dan sangat terasa ketika dimakan. Di sisi lain, nangka memiliki rasa yang lembut dan manis, namun tidak sekuat rasa cempedak.

Kandungan Gizi

Cempedak dan nangka sama-sama merupakan buah-buahan yang kaya akan nutrisi dan kandungan gizi. Baik cempedak maupun nangka mengandung vitamin C, vitamin A, serat, dan mineral seperti potasium dan magnesium. Namun, kandungan gizi cempedak sedikit lebih tinggi dibandingkan nangka.

Kegunaan di Dapur

Cempedak dan nangka sering kali digunakan sebagai bahan masakan dan kue di Indonesia. Cempedak biasanya digoreng atau dibuat menjadi dodol atau tape, sementara nangka lebih sering dipakai sebagai campuran es krim atau asinan. Keduanya sama-sama cocok untuk dijadikan bahan masakan karena memiliki rasa yang unik dan kaya akan nutrisi.

BACA JUGA:   Inilah Sisi Luar Biasa dari Rangkaian Supermoto Ring 14

Kesimpulan

Dalam penutup, meskipun cempedak dan nangka memiliki banyak persamaan dalam hal fisik dan nutrisi, namun keduanya juga memiliki perbedaan yang cukup mencolok. Mulai dari segi rasa, warna, hingga penggunaannya di dapur. Apapun pilihan buah favorit Anda, pastikan untuk selalu membeli dan mengonsumsinya dalam kondisi yang segar dan matang, sehingga Anda dapat menikmati semua kelezatan buah-buahan Indonesia yang kaya dan bergizi.