Skip to content
Home » Contoh Soal Lebih Dari dan Kurang Dari

Contoh Soal Lebih Dari dan Kurang Dari

Pengertian lebih dari dan kurang dari adalah konsep matematika yang biasa dipelajari sejak tingkat SD hingga SMA. Secara sederhana, lebih dari menunjukkan bahwa satu bilangan lebih besar dibandingkan dengan bilangan yang lain, sedangkan kurang dari menunjukkan sebaliknya, yaitu satu bilangan lebih kecil dibandingkan dengan bilangan yang lain. Dalam matematika, lebih dari dan kurang dari sering digunakan untuk membandingkan dua bilangan atau lebih.

Lebih Dari

Lebih dari (>) adalah simbol matematika yang menunjukkan bahwa satu bilangan lebih besar daripada bilangan yang lain. Contoh soal lebih dari adalah sebagai berikut:

  1. 7 ___ 4
  2. 15 ___ 9
  3. 2 ___ 1

Untuk menyelesaikan contoh soal lebih dari di atas, kita cukup memasukkan simbol > pada ruang kosong. Sehingga contoh soal lebih dari di atas akan menjadi:

  1. 7 > 4
  2. 15 > 9
  3. 2 > 1

Dari contoh soal di atas, kita dapat menyimpulkan bahwa bilangan 7 lebih besar dari 4, bilangan 15 lebih besar dari 9, dan bilangan 2 lebih besar dari 1.

Kurang Dari

Kurang dari (<) adalah simbol matematika yang menunjukkan bahwa satu bilangan lebih kecil daripada bilangan yang lain. Contoh soal kurang dari adalah sebagai berikut:

  1. 5 ___ 9
  2. 8 ___ 10
  3. 12 ___ 15

Sama seperti pada contoh soal lebih dari, untuk menyelesaikan contoh soal kurang dari di atas, kita cukup memasukkan simbol < pada ruang kosong. Sehingga contoh soal kurang dari di atas akan menjadi:

  1. 5 < 9
  2. 8 < 10
  3. 12 < 15

Dari contoh soal di atas, kita dapat menyimpulkan bahwa bilangan 5 lebih kecil dari 9, bilangan 8 lebih kecil dari 10, dan bilangan 12 lebih kecil dari 15.

BACA JUGA:   Kelebihan dan Kekurangan Ecobrick

Lebih Besar Sama Dengan dan Kurang Besar Sama Dengan

Selain lebih dari dan kurang dari, ada dua konsep matematika lain yang sering digunakan dalam membandingkan bilangan, yaitu lebih besar sama dengan (≥) dan kurang besar sama dengan (≤). Lebih besar sama dengan menunjukkan bahwa satu bilangan sama besar atau lebih besar dari bilangan yang lain, sedangkan kurang besar sama dengan menunjukkan sebaliknya.

Contoh soal lebih besar sama dengan dan kurang besar sama dengan adalah sebagai berikut:

  1. 6 ___ 6
  2. 10 ___ 9
  3. 5 ___ 7

Untuk menyelesaikan contoh soal lebih besar sama dengan dan kurang besar sama dengan di atas, kita cukup memasukkan simbol ≥ atau ≤ pada ruang kosong. Sehingga contoh soal di atas akan menjadi:

  1. 6 ≥ 6
  2. 10 ≥ 9
  3. 5 ≤ 7

Dari contoh soal di atas, kita dapat menyimpulkan bahwa bilangan 6 sama besar dengan 6, bilangan 10 lebih besar atau sama dengan 9, dan bilangan 5 lebih kecil atau sama dengan 7.

Kesimpulan

Lebih dari dan kurang dari adalah konsep matematika dasar yang penting untuk dipelajari. Dalam penggunaannya, lebih dari dan kurang dari sangat membantu dalam membandingkan dua bilangan atau lebih. Selain lebih dari dan kurang dari, kita juga perlu mengenal konsep lebih besar sama dengan dan kurang besar sama dengan untuk dapat menggunakan konsep ini secara efektif dalam menghitung bilangan. Oleh karena itu, tekunlah dalam mempelajari konsep ini agar dapat menguasai matematika dengan baik.