Skip to content
Home » Fungsi Tombol di Transmisi Matic

Fungsi Tombol di Transmisi Matic

Pernahkah Anda mengendarai mobil dengan transmisi otomatis? Jika iya, Anda mungkin telah melihat beberapa tombol di sekitar shift knob atau pada kemudi mobil Anda. Tombol-tombol ini memberikan beberapa fungsi pada transmisi otomatis mobil Anda, dan artikel ini akan membahasnya lebih lanjut.

Tombol Overdrive (O/D)

Tombol overdrive berfungsi untuk mengurangi kecepatan putaran mesin Anda dan membantu menghemat bahan bakar. Ketika tombol overdrive mati, putaran mesin akan tetap tinggi, bahkan saat mobil sedang melaju pada kecepatan yang stabil. Hal ini menyebabkan mesin bekerja terlalu keras dan akhirnya dapat menghabiskan bahan bakar Anda lebih cepat. Dalam banyak kasus, Anda hanya perlu menekan tombol overdrive Anda saat berkendara di daerah pegunungan atau saat memutuskan untuk mengemudi lebih agresif.

Tombol Hold

Tombol hold (Biasanya ditemukan pada mobil dengan transmisi automatik baru), berfungsi untuk menahan rem pada kendaraan Anda ketika Anda berhenti, sehingga mobil tetap berada di tempat. Ini dapat sangat berguna saat Anda sedang berada di jalan menanjak atau ketika Anda membutuhkan lebih banyak waktu untuk bergerak dari tempat yang Anda tuju, misalnya dalam kondisi lalu lintas yang padat.

Tombol Sport Mode (S)

Tombol sport mode pada transmisi otomatis biasanya terletak di sekitar shift knob. Saat tombol sport mode di aktifkan, transmisi otomatis mobil Anda akan beralih ke mode kepemilikan yang lebih agresif, berarti lebih cepat naik gigi dan jika mesin kendaraan dikasih gas maka transmisi akan menurunkan gigi dengan cepat pula. Ini akan menghasilkan pengalaman berkendara yang lebih sporty dan bertenaga, sesuai dengan namanya.

BACA JUGA:   Top Speed Satria Fu Fi: Mengulas Mesin Dan Performa Motor Terbaru dari Suzuki

Tombol Shift Lock Release

Jika transmisi otomatis Anda mengalami masalah dan Anda tidak dapat melepaskan parkir, kemungkinan Anda memerlukan tombol shift lock release. Tombol ini terletak di sekitar shift knob atau panel instrumen, dan memungkinkan Anda untuk memindahkan transmisi otomatis Anda keluar dari parkir tanpa mengaktifkan rem tangan. Ingatlah bahwa tombol shift lock release hanya digunakan untuk saat darurat dan harus dihindari jika memungkinkan karena dapat menyebabkan kerusakan pada transmisi mobil Anda.

Kesimpulan

Demikian tadi beberapa tombol yang dapat ditemukan pada transmisi otomatis mobil Anda dan fungsi masing-masing tombol. Pemahaman tentang fungsi tombol pada transmisi otomatis mobil Anda membantu Anda melakukan pengoperasian mobil yang lebih baik dan lebih efisien. Dalam mengendarai mobil dengan transmisi otomatis, selalu pastikan untuk memperhatikan fungsi setiap tombol sebelum memulai perjalanan Anda.

Jangan lupa untuk menghargai kendaraan Anda, karena kendaraan ini membantu Anda dalam setiap perjalanan Anda melalui kendaraan Anda. Ingatlah bahwa menjaga kendaraan Anda dalam kondisi terbaik membantu menjaga Anda dan penumpang Anda tetap aman. Sekarang Anda memiliki pemahaman tentang tombol di transmisi matic, itu membantu Anda dalam mengendarai mobil Anda dengan lebih baik pada masa mendatang.