Skip to content
Home » Harga Komputer Rakitan 1 Jutaan

Harga Komputer Rakitan 1 Jutaan

Seiring dengan perkembangan teknologi, kebutuhan akan komputer semakin meningkat. Banyak orang yang membutuhkan komputer untuk berbagai keperluan seperti untuk bekerja, belajar, atau bahkan bermain game. Bagi yang memiliki budget terbatas, membeli komputer rakitan bisa menjadi alternatif yang lebih ekonomis daripada membeli komputer yang sudah jadi. Dalam artikel ini, kami akan membahas harga komputer rakitan 1 jutaan.

Komponen Yang Dibutuhkan

Sebelum membahas harga, ada beberapa komponen yang harus dipertimbangkan saat merakit komputer, yaitu:

Processor

Processor atau CPU, adalah otak dari komputer yang bertugas untuk mengolah data. Penggunaan processor yang tepat akan memastikan performa komputer yang biasa-biasa saja menjadi lebih maksimal.

Motherboard

Motherboard adalah komponen yang menjadi tulang belakang dari komputer. Semua komponen seperti processor dan RAM akan terhubung ke motherboard.

RAM

RAM atau memory, adalah komponen yang digunakan untuk menyimpan data secara sementara. Semakin besar kapasitas RAM, semakin cepat menjalankan aplikasi.

Hard Disk

Hard Disk digunakan untuk menyimpan data secara permanen. Semakin besar kapasitas hard disk, semakin banyak data yang dapat disimpan.

Power Supply

Power Supply adalah komponen yang menyediakan listrik untuk komputer.

Case

Case adalah tempat untuk menempatkan seluruh komponen komputer.

Harga Komponen

Setelah mengetahui komponen yang dibutuhkan, berikut adalah harga estimasi pada September 2021:

Komponen Harga
Processor Intel Pentium Gold G6400 Rp945.000
Motherboard ASUS Prime H410M-E Rp1.100.000
RAM V-Gen 4GB DDR4 PC 3200 Rp350.000
Hard Disk Seagate BarraCuda 1TB SATA 6Gb/s Rp710.000
Power Supply Power Up 450W Rp210.000
Case Simbadda CST 9980N Rp180.000
Total Rp3.495.000
BACA JUGA:   Bedanya HVS dan A4

Perlu dicatat bahwa harga dapat berubah tergantung dari tempat dan toko yang menjual.

Kesimpulan

Dari tabel di atas, dapat dilihat bahwa harga komputer rakitan dengan spesifikasi tersebut adalah sekitar Rp3.495.000. Harga ini mungkin agak jauh dari angka 1 jutaan, namun ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan seperti harga perangkat lunak, perakitan, atau biaya pengiriman jika membeli secara online. Namun, dengan budget 1 jutaan, masih tetap dimungkinkan untuk merakit komputer dengan spesifikasi yang lebih rendah.

Jika Anda ingin merakit komputer dengan spesifikasi tertentu, lebih baik mempertimbangkan dengan matang untuk membeli komponen yang sesuai dengan budget dan kebutuhan Anda. Pastikan untuk memperhatikan kompatibilitas antar-komponen dan kabel-kabel yang diperlukan.

Semoga artikel ini dapat membantu Anda yang tengah mencari referensi harga komputer rakitan 1 jutaan.