Skip to content
Home ยป Jenis Mesin Frais dan Fungsinya: Panduan Lengkap

Jenis Mesin Frais dan Fungsinya: Panduan Lengkap

Mesin frais adalah salah satu jenis mesin perkakas yang paling umum digunakan dalam industri manufaktur. Mesin frais dapat digunakan untuk menjalankan operasi penggunaan mata pisau dengan kecepatan tinggi untuk memotong dan membentuk bahan baku menjadi bentuk tertentu. Dalam artikel ini, kita akan membahas tentang jenis mesin frais dan fungsinya secara lebih komprehensif.

Pengertian Mesin Frais

Mesin frais adalah mesin perkakas yang digunakan untuk memotong, membentuk, dan menghasilkan permukaan pada suatu benda kerja. Ini ditampilkan sebagai bubut kecil yang dapat diatur menghasilkan berbagai bentuk, ukuran, dan permukaan pada suatu benda kerja.

Macam-Macam Mesin Frais

Ada beberapa jenis mesin frais yang tersedia di pasaran. Berikut adalah beberapa jenis mesin frais yang paling umum digunakan:

1. Mesin Frais Horizontal

Mesin frais horizontal adalah mesin frais yang paling umum digunakan untuk memperbaiki atau membuat permukaan datar pada permukaan benda kerja seperti meja kerja atau papan proyek. Ini menggunakan pisau frais horizontal yang dipasang pada sumbu horizontal, dan diatur pada sudut yang tepat terhadap permukaan benda kerja.

2. Mesin Frais Vertikal

Mesin frais vertikal adalah jenis mesin frais yang sangat efektif untuk melakukan operasi penggerindaan pada permukaan yang berbeda. Misalnya, mengasah permukaan benda kerja, membuat slot, pembuatan gigi, dan masih banyak lagi. Mesin frais vertikal memiliki permukaan bergerak pada sumbu vertikal dan tergantung pada mata pisau frais yang dipasang pada kepala mesin.

BACA JUGA:   Toner Wardah untuk Kulit Sensitif โ€“ Solusi Tepat untuk Kulit Anda

3. Mesin Frais Anak

Mesin frais anak adalah jenis mesin frais yang paling kecil dan paling portabel. Mesin frais ini biasanya digunakan untuk pekerjaan di rumah atau workshop kecil. Mesin frais anak menggunakan pisau frais yang dipasang pada kepalanya, dan memiliki sumbu yang dapat digerakkan secara manual.

4. Mesin Frais Cepat

Mesin frais cepat adalah jenis mesin frais yang paling efektif untuk melakukan operasi penggerindaan pada permukaan benda kerja dengan kecepatan yang lebih tinggi. Ini dilengkapi dengan koordinat pemrograman numerik (CNC), sistem kontrol yang sangat canggih yang memungkinkan mesin untuk menghasilkan permukaan benda kerja dengan sangat presisi.

Fungsi Mesin Frais

Mesin frais memiliki banyak kegunaan dalam industri manufaktur. Beberapa fungsi mesin frais di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Membentuk Permukaan

Mesin frais dapat digunakan untuk membentuk permukaan pada benda kerja seperti meja kerja atau papan proyek. Mata pisau yang dapat dipasang pada mesin frais horizontal dapat membentuk permukaan benda kerja menjadi rata dan dapat disesuaikan dengan bentuk dan ukuran yang diinginkan.

2. Membuat Lubang dan Slot

Mesin frais juga dapat digunakan untuk membuat lubang dan slot pada permukaan benda kerja. Ini dapat dilakukan dengan menggunakan pisau frais yang dipasang pada kepalanya.

3. Membuat Gigi

Mesin frais dapat digunakan untuk pembuatan gigi pada roda gigi atau benda kerja sejenisnya. Ini memungkinkan benda kerja untuk berputar dengan presisi yang tinggi.

4. Membuat Kontur dan Permukaan yang Sulit

Mesin frais juga dapat digunakan untuk membuat kontur dan permukaan yang sulit pada benda kerja. Mesin frais cepat dilengkapi dengan koordinat pemrograman numerik (CNC), yang memungkinkan mesin untuk menghasilkan permukaan yang sangat presisi dan rumit pada benda kerja.

BACA JUGA:   Trolly Makanan Hotel: Solusi Membawa Makanan Tanpa Khawatir Tumpah dan Berantakan

Kesimpulan

Mesin frais adalah salah satu jenis mesin perkakas yang paling umum digunakan dalam industri manufaktur. Ada beberapa jenis mesin frais yang tersedia di pasaran, termasuk mesin frais horizontal, mesin frais vertikal, mesin frais anak, dan mesin frais cepat. Mesin frais dapat digunakan untuk membentuk permukaan, membuat lubang dan slot, membuat gigi, dan membuat kontur dan permukaan yang sulit pada benda kerja. Semoga panduan ini memberikan pemahaman yang lebih baik tentang prinsip mesin frais dan fungsi-fungsi mesin frais yang mungkin dibutuhkan bagi Anda dalam industri.