Skip to content
Home » Jenis Narkotika dan Psikotropika

Jenis Narkotika dan Psikotropika

Apakah kamu tahu apa itu narkotika dan psikotropika? Dalam artikel ini, kita akan membahas lebih dalam tentang jenis-jenis narkotika dan psikotropika yang perlu diketahui agar tidak terjerat dalam penggunaan maupun penyalahgunaannya.

Apa itu Narkotika?

Narkotika adalah zat atau obat yang berasal dari tanaman atau bukan tanaman yang dapat menimbulkan efek narkotik atau sebagai penghilang rasa sakit yang sangat kuat. Narkotika berbahaya bagi kesehatan jika tidak digunakan dengan benar. Beberapa jenis narkotika adalah morfin, heroin, kokain, dan ganja. Penggunaan narkotika dapat merusak kesehatan mental dan fisik kita dalam jangka panjang.

Jenis Narkotika

  1. Ganja: Ganja atau mariyuana adalah sejenis tanaman yang biasanya dikeringkan dan dihisap melalui rokok. Ganja mengandung zat psikoaktif bernama THC yang dapat merubah aliran pikiran dan mengganggu konsentrasi.
  2. Kokain: Kokain membuat penggunanya merasa lebih percaya diri dan mudah bergairah. Namun, penggunaan kokain dalam jangka panjang dapat menyebabkan kerusakan organ tubuh, seperti jantung dan ginjal.
  3. Ekstasi: Ekstasi atau MDMA adalah narkotika yang menghasilkan perasaan euforia dan kebahagiaan. Tetapi, penggunaan ekstasi dapat menyebabkan kejang, depresi parah, dan bahkan kematian.

Apa itu Psikotropika?

Psikotropika adalah zat atau obat yang dapat mempengaruhi pikiran, perasaan, dan perilaku manusia. Psikotropika dapat digunakan untuk tujuan medis, seperti pengobatan depresi, kecemasan, dan insomnia.

Jenis Psikotropika

  1. Benzodiazepin: Benzodiazepin digunakan untuk mengobati kecemasan dan insomnia. Penggunaan benzodiazepin dalam jangka panjang dapat membuat penggunanya menjadi ketagihan dan menyebabkan kehilangan ingatan jangka pendek.
  2. Antidepresan: Antidepresan digunakan untuk mengobati depresi. Antidepresan dapat menimbulkan efek samping seperti mual, muntah, dan sakit kepala jika tidak digunakan dengan benar.
  3. Antipsikotik: Antipsikotik digunakan untuk mengobati gangguan mental, seperti skizofrenia dan bipolar. Penggunaan antipsikotik dapat menyebabkan efek samping seperti kegemukan, tremor, dan kelumpuhan.
BACA JUGA:   Apa Bedanya Android dan iPhone?

Kesimpulan

Dalam artikel ini, kita telah membahas jenis-jenis narkotika dan psikotropika yang perlu diketahui agar tidak terjerat dalam penggunaan maupun penyalahgunaannya. Narkotika dan psikotropika dapat merusak kesehatan mental dan fisik kita dalam jangka panjang jika tidak digunakan dengan benar. Oleh karena itu, sangat penting untuk menghindari penggunaan dan penyalahgunaan narkotika dan psikotropika.