Skip to content
Home » KELEBIHAN DAN KEKURANGAN LEMAK

KELEBIHAN DAN KEKURANGAN LEMAK

Lemak adalah salah satu nutrisi yang diperlukan oleh tubuh manusia. Namun, kelebihan atau kekurangan konsumsi lemak dapat menyebabkan masalah kesehatan. Ada beberapa kelebihan dan kekurangan dalam tubuh manusia ketika mengonsumsi lemak.

KELEBIHAN LEMAK

Sumber energi

Lemak adalah sumber energi utama dalam tubuh manusia. Lemak yang disimpan dalam jaringan adiposa di seluruh tubuh digunakan sebagai sumber energi saat tubuh membutuhkan itu. Selain itu, lemak terbukti lebih efisien dalam menyimpan energi daripada karbohidrat atau protein.

Menjaga kesehatan jantung

Lemak tak jenuh tunggal dan lemak tak jenuh ganda ditemukan dalam makanan seperti ikan, kacang-kacangan, dan biji-bijian. Kedua jenis lemak ini dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida dalam darah. Menjaga kolesterol dan trigliserida pada tingkat yang sehat dapat menurunkan risiko penyakit kardiovaskular seperti serangan jantung dan stroke.

Memperlambat penyerapan karbohidrat

Lemak dapat membantu memperlambat penyerapan karbohidrat dari makanan. Dengan demikian, kadar gula darah akan naik dengan perlahan-lahan dan menjadi lebih stabil. Ini adalah keuntungan besar bagi orang yang memiliki diabetes atau resistensi insulin.

Meningkatkan penyerapan vitamin dan mineral

Beberapa vitamin dan mineral hanya mudah diserap oleh tubuh ketika mereka dikonsumsi dengan lemak. Misalnya, vitamin A, D, E, dan K adalah vitamin yang larut dalam lemak. Mereka akan lebih mudah diserap jika dikonsumsi bersama dengan lemak.

KEKURANGAN LEMAK

Mengurangi sumber energi

Meskipun lemak adalah sumber energi utama dalam tubuh manusia, kelebihan konsumsi lemak juga bisa menjadi masalah. Jika tubuh mendapat terlalu banyak kalori dari lemak, Anda mungkin akan mengalami peningkatan berat badan yang tidak diinginkan.

BACA JUGA:   KELEBIHAN DAN KEKURANGAN BAN SWALLOW

Menyebabkan penumpukan kolesterol buruk

Tak semua lemak baik untuk tubuh. Beberapa jenis lemak dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat dalam darah. Kolesterol jahat dapat menyebabkan penyakit kardiovaskular dan masalah kesehatan lainnya.

Menyebabkan peningkatan risiko obesitas

Konsumsi lemak yang berlebihan dapat menyebabkan peningkatan risiko obesitas. Obesitas dapat meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular, diabetes, dan masalah kesehatan lainnya.

Meningkatkan risiko kanker

Beberapa penelitian menunjukkan adanya hubungan antara konsumsi lemak dan peningkatan risiko kanker. Kanker payudara, usus dan prostat terkait dengan konsumsi lemak yang tinggi.