Skip to content
Home » Kelebihan dan Kekurangan Windows 10

Kelebihan dan Kekurangan Windows 10

Windows 10 merupakan sistem operasi paling baru yang diluncurkan oleh Microsoft. Sebagai pengguna Windows, kamu pasti penasaran dengan kelebihan dan kekurangan Windows 10 yang sering kamu dengar. Oleh karena itu, dalam artikel ini, aku akan membahas secara detail kelebihan dan kekurangan dari Windows 10.

Kelebihan Windows 10

  1. Tampilan User Interface yang Lebih Fresh

Seperti yang kamu ketahui, tampilan antarmuka pengguna pada Windows 10 jauh lebih segar dan modern dibandingkan dengan versi Windows sebelumnya. Dengan tampilan yang lebih segar, kamu akan merasa nyaman dan tidak bosan berlama-lama menggunakan Windows 10.

  1. Fitur Virtual Desktop

Dari semua sistem operasi Windows yang pernah dirilis oleh Microsoft, Windows 10 menyediakan fitur Virtual Desktop yang sangat berguna. Dengan fitur ini, kamu bisa mengatur banyak desktop sesuai dengan kebutuhanmu. Misalnya kamu bisa menggunakan desktop pertama untuk membuka aplikasi kantor, desktop kedua untuk browsing, desktop ketiga untuk game, dan seterusnya.

  1. Windows Hello

Fitur ini sangat membantu kamu untuk mengakses semua fitur Windows 10 hanya dengan wajah atau sidik jari. Dengan menggunakan Windows Hello, pengguna dijamin lebih terjamin keamanannya dan akan merasa lebih mudah memberikan akses pada orang lain yang membutuhkan.

  1. Cortana

Cortana merupakan fitur asisten digital yang terdapat dalam Windows 10. Fitur ini akan membantu kamu menyelesaikan tugas-tugas sehari-hari dengan lebih cepat. Dengan menggunakan Cortana, kamu bisa melakukan pencarian pada Windows, memutar musik, mengirim email, dan lain-lain. Cortana bisa menjawab pertanyaanmu secara cepat dan akurat.

Kekurangan Windows 10

  1. Terlalu Serius dengan Masalah Keamanan

Memang, sistem keamanan yang aman dan terpercaya adalah kebutuhan wajib untuk setiap pengguna PC. Namun, Microsoft mungkin terlalu banyak memperhatikan masalah keamanan pada Windows 10. Ini bisa membuat pengalaman pengguna menjadi kurang nyaman dan lebih sulit.

  1. Masalah Kompabilitas Dengan Beberapa Aplikasi
BACA JUGA:   Kelebihan dan Kekurangan Nokia 6 2017

Walau Windows 10 adalah sistem operasi yang lebih baru, masih saja terjadi masalah kompatibilitas. Beberapa aplikasi dan perangkat lunak yang bekerja dengan baik pada sistem operasi versi sebelumnya mungkin tidak berfungsi dengan baik pada Windows 10.

  1. Auto Update

Windows 10 memiliki kebijakan untuk melakukan update otomatis ketika kamu menggunakan komputer. Data yang lebih besar mungkin akan membuat proses update menjadi lambat dan merepotkan. Selain itu, jika kamu dibuat kerepotan dengan proses update penting seperti update VGA card, belum lagi koneksi yang terbatas atau lambat.