Skip to content
Home » Kelebihan dan Kekurangan Windows 8

Kelebihan dan Kekurangan Windows 8

Pengenalan

Windows 8 adalah sistem operasi yang dikembangkan oleh Microsoft dengan konsep Metro UI yang berbeda dari sistem operasi Windows sebelumnya. Windows 8 menyediakan tampilan layar yang lebih segar dan juga memiliki beberapa fitur baru yang menarik. Namun, seperti sistem operasi apapun, Windows 8 juga memiliki kelebihan dan kekurangan. Dalam artikel ini, kita akan membahas kelebihan dan kekurangan dari Windows 8 yang harus Anda ketahui.

Kelebihan Windows 8

1. Desain Antarmuka yang Segar

Satu kelebihan Windows 8 adalah desain antarmuka yang sangat berbeda dari Windows sebelumnya. Desain antarmuka yang segar ini memberikan pengalaman pengguna yang berbeda dan menyenangkan. Windows 8 memperkenalkan konsep Metro UI yang menyajikan tampilan yang simple dan modern.

2. Lebih Mudah Digunakan

Windows 8 menawarkan pengalaman pengguna yang lebih mudah dan lebih intuitif. Secara default, tampilan layar Start metro menyajikan aplikasi dan program yang digunakan paling sering. Ini memungkinkan pengguna untuk dengan mudah menemukan dan membuka program yang diinginkan.

3. Integrasi Dengan Layanan Microsoft

Windows 8 terintegrasi dengan layanan Microsoft seperti OneDrive, Skype dan Outlook. Ini membuat pengguna mudah akses ke layanan-layanan tersebut dan mendapatkan pengalaman pengguna yang lebih terpadu. Windows 8 juga menyediakan akses ke Windows Store, yang memungkinkan pengguna untuk dengan mudah menemukan aplikasi dan program yang diinginkan.

BACA JUGA:   Kelebihan dan Kekurangan AC Sharp AH-A5UCY

4. Booting yang Cepat

Windows 8 memiliki kemampuan untuk booting secara sangat cepat. Ini merupakan satu kelebihan besar bagi pengguna yang ingin cepat memulai sistem operasi mereka. Dalam beberapa detik setelah menghidupkan PC, pengguna dapat langsung memulai menggunakan Windows 8.

5. Fitur Keamanan yang Lebih Baik

Windows 8 memperkenalkan beberapa fitur keamanan baru yang membuatnya lebih aman dari sistem operasi Windows sebelumnya. Windows 8 dilengkapi dengan Windows Defender, sebuah program anti-virus yang terintegrasi langsung ke sistem operasi. Ini membuat PC Anda menjadi lebih aman dari serangan virus dan malware.

Kekurangan Windows 8

1. Tidak Cocok untuk Desktop

Windows 8 diciptakan dengan konsep Metro UI yang dirancang untuk layar sentuh. Sehingga, Windows 8 tidak cocok untuk dijalankan pada desktop. Tampilan UI yang bergaya Metro memang tampak lebih modern, tetapi hal itu tidak efektif pada desktop yang menggunakan keyboard dan mouse sebagai input.

2. Tidak Banyak Aplikasi yang Tersedia

Windows 8 Windows Store memang menawarkan banyak aplikasi dan program, tetapi kebanyakan masih belum sebanyak yang tersedia di platform lain seperti Android atau iOS. Beberapa aplikasi terkenal juga belum tersedia pada Windows Store.

3. Tidak Kompatibel dengan Program Lama

Windows 8 memiliki fitur integrasi yang lebih baik dengan layanan Microsoft dan ditujukan untuk aplikasi baru yang dikembangkan dengan teknologi terkini. Hal ini membuatnya tidak kompatibel dengan sebagian besar program lama yang dijalankan pada Windows sebelumnya.

4. Keterbatasan Penggunaan pada Internet Explorer

Sama dengan sistem operasi sebelumnya, Windows 8 menggunakan Internet Explorer sebagai browser default. Sayangnya, penggunaan Internet Explorer pada Windows 8 sangat terbatas. Umumnya, browser ini tidak kompatibel dengan beberapa website dan aplikasi web yang tersedia.

BACA JUGA:   Kelebihan dan Kekurangan Kulkas Sharp SJ N182

5. Menggunakan Ressources Komputer yang Lebih Besar

Windows 8 memerlukan lebih banyak resource daripada sistem operasi Windows sebelumnya. Ini berarti bahwa PC dengan spesifikasi yang lebih rendah mungkin tidak dapat menjalankan Windows 8 dengan baik.

Kesimpulan

Windows 8 memiliki kelebihan dan kekurangan yang harus dipertimbangkan sebelum Anda memutuskan untuk meng-upgrade sistem operasi Anda. Kelebihan Windows 8 adalah desain antarmuka yang lebih segar, lebih mudah digunakan, integrasi dengan layanan Microsoft, booting yang cepat dan fitur keamanan yang lebih baik. Namun, Windows 8 memiliki kekurangan seperti tidak cocok untuk desktop, tidak banyak aplikasi yang tersedia, tidak kompatibel dengan program lama, keterbatasan penggunaan pada Internet Explorer dan menggunakan sumber daya yang lebih besar pada komputer. Oleh karena itu, Anda harus mempertimbangkan kelebihan dan kekurangan dari Windows 8 agar dapat memutuskan mana yang lebih baik untuk digunakan di PC Anda.